Bung Karno Dan Sejumlah Wanitanya

Februari 07, 2021
Minggu, 07 Februari 2021


Bung Karno (BK) Dan Sejumlah Wanita nya

Oleh : Andjar HW penulis pengagum leadership BK

Bung Karno secara demonstratif pernah mengatakan sosok istri yang paling dicintai adalah Ratna Sari Dewi, dulu bernama Naoko Nemoto yang dikenal BK saat Naoko menjadi geisha, melayani tamu agung negara Jepang kala itu, presiden Indonesia Dr Ir Soekarno. Foto BK yang mencium mesra Ratna Sari kembali bertebaran di jagad maya, berbarengan kabar duka menimpa putri tunggal Ratna Sari Dewi, Karina Kartika Soekarno. Suami Karina, pendiri Kartika Soekarno Fondation (KSF) bernama Frits Frederik Seegers seorang bankir meninggal dunia di Bali.

Mengulik BK , kehidupannya yang bersentuhan dengan wanita memang sejak remaja. Dalam buku Untold story Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat karangan Cindy Adams, sosok wanita yang mengisi relung hati remaja Soekarno adalah Ryka Meelhuysen seorang noni Belanda teman sekolah Soekarno di Europeesche Lagere School. 
Soekarno dengan terus terang mengatakan Ryka adalah gadis pertama yang diciumnya saat usia 14 tahun. Dan Soekarno pun nekad, Ryka pulalah yang bakal dilamar, menyusul saat naik sepeda boncengan dengan Ryka kepergok ayah Soekarno, toean Raden Soekemi Sosrodihardjo, bangsawan Jawa yang saat itu menjabat sebagai mantri guru (sekarang kepala sekolah). 


Mungkin diilhami keberanian ayahnya yang mengajak kawin lari ibunya Soekarno, Ida Ayu yang berasal dari kasta paling tinggi di Bali, brahmana. Soekarno nekad mendatangi orang tua Ryka Meelhuysen ambtenar atau pegawai gubernemen Belanda. Apa lacur, ayah Ryka menolak mentah-mentah bahkan mengusir remaja Soekarno dari rumah megahnya. Soekarno sempat frustasi, lhah tengah sayang-sayangnya lagi jeru-jeru nya, percintaan diputus paksa oleh ayah gadis yang dicintainya, Ryka Meelhuysen.

Soekarno yang punya selera humor tinggi baru mengakui ceblok tresno, gagal bercinta itu baru terobati, saat ketemu wanita bule yang digambarkan bodinya yang dulu langsing berubah gemuk di Jakarta beberapa puluh tahun kemudian. "Kamu Soekarno," kata gadis bule gemuk itu. Ya saya Soekarno nona siapa? Saya teman lamamu dulu, Ryka Meelhuysen. Soekarno terkejut bukan kepalang, gadis bak kembang tulip cantik yang dulu dirindukan setengah mati bahkan nyaris menjadi istrinya ternyata kini telah berubah tak berbentuk bodi maupun kecantikannya telah menua. "Syukurlah aku tidak jadi menjadi suaminya, mungkin kalau jadi aku bakal dirante, diawasi ketat. Dia type istri pencemburu berat," demikian Soekarno muda ngudoroso atau membatin, dan segera berlalu menjauhi mantan kekasihnya itu. 


Di sela-sela pergolakan revolusi, Soekarno muda, akhirnya dari Blitar, meneruskan studi ke Hoogere Burgerschool (HBS) di Surabaya. Di Surabaya, Soekarno dititipkan ayahnya ke rumah pejuang pergerakan Jawa Sarekat Islam, Haji Oemar Said ( HOS) Tjokroaminoto di Jalan Paneleh, Surabaya. Sebuah persinggahan yang bakal mengubah hidup dan kehidupan seorang bernama Soekarno. Dari nothing menjadi something bahkan big something, presiden Republik Indonesia yang menggetarkan negara adi daya seperti Amerika Serikat dengan  yang menggemparkan dunia " go to hell your aid".

Terkait wanita, putri HOS Tjokroaminoto bernama Utari akhirnya dinikahi oleh Soekarno saat berumur 16 tahun. Niat Soekarno hanya ingin meringankan pikiran junjungannya HOS Tjokroaminoto, agar putrinya ada yang mempersuntingkannya,saat sesepuh pergerakan rakyat Jawa itu ditahan oleh penjajah Belanda.
Perempuan yang menarik hati Soekarno selanjutnya adalah Inggit Ganarsih, ibu kost nya saat Soekarno kuliah di Technische Hoogeschool te Bandoeng ( THS Bandung, sekarang Institut Teknologi Bandung ITB). Ada rasa feeling guilty dalam hati Soekarno muda, Inggit saat itu masih istri orang, Haji Sanusi yang tidak lain bapak kostnya.  


Di buku Soekarno Penyambung Lidah Rakyat, BK menulis untuk meng ilustrasikan keputusannya untuk nekad menikahi Inggit Ganarsih yang usianya 12 tahun lebih tua dari Soekarno dan menceraikan Utari yang diperistri sejak masih gadis. "Ini mungkin pencarianku pada sosok ibu. Aku haus akan kasih sayang ibu, dan itu kudapat dari Inggit, bukan dari Utari yang cenderung kekanak-kanakan," gumam Soekarno.
Perjuangan politik seorang ideolog Marhaenisme bernama Soekarno, pasang surut berhasil dilewati berkat didampingi oleh Inggit Ganarsih. Inggitlah yang mengantarkan Soekarno ke gerbang kekuasaan. Presiden pertama negara kesatuan Republik Indonesia.

Soekarno yang kemudian dibuang Belanda ke Bukitinggi akhirnya bertemu dengan Fatmawati, puteri tokoh Muhamadiyah Bengkulu, Hassan Dien.
Fatmawati dilukiskan oleh BK. Muridku bernama Fatma berarti teratai, Wati : kepunyaan memiliki rambut seperti sutera dibelah tengah, menjurai ke belakang berjalin dua. Dari rahim Fatmawati lahir putra-putri BK, Guntur Soekarno Putri, Dyah Permata Megawati Setiawati Soekarno Putri, Rachmawati Soekarnoputri, Sukmawati Soekarnoputeri dan putra bungsunya Guruh Soekarnoputra.


Ayo patuhi apa yang menjadi himbauan pemerintah akan Protokoler kesehatan Covid-19. MakanKu 0811 6053 553.
---------------------------------------------------------------
Berturutan istri-istri BK, disebut oleh Guntur dalam buku " Bung Karno, Bapakku, Kawanku, Guruku, istri-istri BK disebut oleh Guntur, dengan istilah "hindul markindul".
Fatmawati yang saat itu menjadi First Lady atau ibu negara 'mengungsi" ke rumah pribadinya karena menolak dipoligami, menyusul Bung Karno menikah dengan Hartini, janda beranak lima yang ketemu pertama kali dengan BK saat kunjungan kerja di Candi Prambanan. 

Berturut turut BK, menikah dengan Haryati mantan penari istana sekaligus Staf Sekretaris Negara Bidang Kesenian. Kemudian BK menikah dengan Kartini Manoppo Mantan pramugari Garuda. Dan terakhir atau istri ke sembilan Soekarno menikah dengan Yurike Sanger Kala itu Yurike masih yang masih berstatus pelajar menjadi salah satu anggota Barisan Bhinneka Tunggal Ika pada acara Kenegaraan.(Andjar HW penulis tinggal di Solo).


MakanKu Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini Solusi Di Saat Pandemi Covid-19. Instagram @makankureadymeal dan YouTube ReadyMeal.
               ------- 081325995968 -------


Thanks for reading Bung Karno Dan Sejumlah Wanitanya | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS