JPKL Dukung BPOM Pelabelan Galon Guna Ulang, Petisi Diturunkan

Maret 31, 2021
Rabu, 31 Maret 2021


Ketua umum JPKL, Roso Daras bersama Sekjen JPKL, Teguh Yuswanto bertemu Kepala Biro Humas Kemenkominfo, Ferdinandus Setu di kantornya.

GUGAT news.com. JAKARTA.
Ketua Umum Kumpulan Jurnalis Peduli Kesehatan dan Lingkungan (JPKL), Roso Daras, menyesalkan sikap BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) RI yang telah mengintervensi penayangan petisi yang dimuat di beranda change.org. 

Petisi berjudul : bpom-badan-pengawas-obat-dan-makanan-selamatkan-bayi-kita-dari-racun-bisphenol-a-bpa-  telah dihapus dari beranda change.org. tanpa pemberitahuan. Padahal petisi tersebut telah ditandatangani hampir 100 ribu orang. 


          Ketua umum JPKL, Roso Daras.

"BPOM bersikap otoriter. Jelas tindakannya melanggar UUD 45 tentang kebebasan berserikat dan mengeluarkan pendapat,” ujar Ketua Umum, *Roso Daras,* dalam keterangan pers yang dikirim ke media, di Jakarta, Rabu (31/03/2021).

Padahal isi dari petisi tersebut, jelas Roso, mendukung BPOM agar memberi label peringatan konsumen pada kemasan galon isi ulang yang mengandung Bisphenol A (BPA) dengan kode plastik No.7.


“Semua negara maju berdasarkan penelitian mengatakan BPA berbahaya tidak bisa dibantah lagi. Apalagi bagi bayi, balita dan janin. Apa yang diperjuangkan JPKL untuk melindungi bayi, balita dan janin Indonesia,” ujar Roso. 

Roso Daras lebih jauh menjelaskan, penurunan petisi tersebut atas permintaan dari Kementerian Komunikasi dan informasi (Kemenkominfo) yang diajukan ke tim global change.org.

Karena mendapat keterangan bahwa penurunan itu atas permintaan Kemenkominfo, maka Roso Daras, Ketua Umum JPKL mendatangi langsung Kemenkominfo pada Senin (29/03/2021) lalu. 


Kehadiran Ketua JPKL Roso Daras disambut baik Ferdinandus Setu, Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informasi di press room, Gedung Kemenkominfo, jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. 

"Iya betul, Kemenkominfo telah meminta change.org untuk menurunkan petisi tersebut. Karena kami mendapat permintaan dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan)," ungkap Ferdinandus Situ. 


Masih menurut Ferdinandus Setu, Kemenkominfo itu tugas dan fungsinya mengatur berbagai kepentingan. Karena BPOM pada dua bulan lalu meminta petisi itu diturunkan dengan alasan berita bahaya bisphenol A adalah disinformasi maka sebagai sesama instansi pemerintah meminta untuk diturunkan. 

"Jadi untuk JPKL silahkan yakinkan pihak BPOM bahwa Bisphenol A berbahaya. Kami dari Kemenkominfo siap diminta untuk menaikan kembali petisi tersebut. Atau bila perlu bikin lagi saja petisi itu," saran Ferdinandus. 

Roso Daras kembali menjelaskan, soal BPA masih menjadi perdebatan. Oleh karena itu, BPOM tidak berhak membungkam pendapat pihak lain.


“Harusnya masing-masing pihak, sama-sama mengkaji atas penelitian yang sudah ada atau penelitian baru yang dibuat. Karena BPOM pun didalam peraturannya jelas mengatakan BPA berbahaya jika melebihi ambang batas. Nah ketika untuk bayi, jelas tidak boleh ada toleransi," papar Roso.

Masih menurut Roso Daras, dalam menyikapi sebuah perbedaan tidak selayaknya pendapat pihak lain dibungkam. Padahal BPOM belum punya kajian komprehensif dalam merespon isue BPA ini. Sementara JPKL berpegang kepada penelitian dan kebijakan yang telah diterapkan di beberapa negara maju. 


“Bahwa wadah makanan dan minuman mengandung BPA dengan kode plastik No.7,  tidak boleh bersentuhan langsung dengan makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh bayi, balita dan ibu hamil,” papar Roso Daras. 

Dengan adanya penghapusan petisi yang sudah ditandatangani hampir mencapai 100 ribu lebih untuk mendukung BPOM ada beberapa pasal yang dilanggar. Antara lain, Pasal perlindungan anak, pasal perlindungan kesehatan,  dan yang jelas pasal perlindungan konsumen. 

“Sekali lagi mengingatkan pentingnya dirumuskan SNI (Standar Nasional Indonesia) untuk melindungi kesehatan dan konsumen," tandas Roso Daras. Sebab hal ini bentuk arogansi. Menguasai kebenaran," kata Roso Daras./*** Eddie Karsito.


              °°°°°°° 081325995968 °°°°°°°



Thanks for reading JPKL Dukung BPOM Pelabelan Galon Guna Ulang, Petisi Diturunkan | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS