Walikota Payakumbuh Riza Falepi, Utamakan Sektor Pendidikan Bentuk Karakter Bangsa

April 23, 2021
Jumat, 23 April 2021


Walikota Payakumbuh, Sumatera Barat, H Riza Falepi, S.T M.T.

GUGAT news.com. SUMATERA BARAT.
Walikota Payakumbuh, Sumatera Barat, *H. Riza Falepi, S.T., M.T.* berkeyakinan agar bangsa Indonesia maju sektor pendidikan harus diutamakan. Maka ketika periode awal menjadi walikota, ia pun membenahi sektor tersebut.  

Penyandang gelar adat Datuak Rajo Kaampek Suku ini pun sering masuk-keluar sekolah, madrasyah dan menjadi pembicara di berbagai lembaga pendidikan. Dia tidak segan-segan menegur guru dan kepala sekolah yang mengajar asal-asalan. 


    Kantor Walikota Sumatera Barat.

“Capaian ini menggembirakan. Biasa yang selalu unggul adalah Kota Padang dan Bukittingi. Tetapi dengan tekad yang kuat dan bantuan dari semua pihak, Payakumbuh pun menjadi nomor satu. Bahkan  saya pernah menaikkan anggaran pendidikan sampai 37% lebih. Jauh di atas yang disyaratkan secara nasional, yakni 20%,” ujar Riza Falepi, saat bincang-bincang dengan wartawan, usai buka puasa bersama di Saung Sampireum, Bintaro, Tangerang Selatan, Kamis (22/04/2021).

Selain sektor pendidikan, menurut Riza, yang juga fokus digarap adalah infratsruktur. Sekarang- jalan-jalan utama, jalan kampung, trotar dan fasilitas umum lainnya di Kota Payakumbuh mulus.

“Lebih dari 90% jalanan beraspal licin dan mulus. Sedikit masalah jalan provinsi dan jalan nasional karena untuk memperbaiki anggarannya dari pusat. Jadi saya tidak punya kewenangan untuk menggelontorkan anggarannya. Namun demikian saya tetap berusaha agar yang rusak diperbaiki,” jelasnya.


*Rendang go Internasional*
Rendang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, bahkan dunia. Chef internasional Gordom Ramsay di  National Geographic Channel menobatkannya sebagai makanan terlezat dunia.

Ingat rendang, ingat Sumatera Barat. Karena kuliner khas Indonesia ini memang berasal dari tanah tanah Minang. Tetapi siapa sangka yang membranding rendang sebagai merek dagang dan menjadi komoditi ekspor adalah walikota Payakumbuh dua periode, Riza Falepi .

Riza menjelaskan ketika awal membranding rendang Payakumbuh mendapat banyak tanggapan dari daerah lain di Sumatera Barat. Misalnya Bukittinggi, Padang, Solok dan Pariaman. Karena rendang mereka mempunyai ciri khas juga. 

 

“Tetapi saya katakan kepada mereka, rendang mana sih yang sudah punya sentra produksi, punya ISO, punya label halal. Punya semua persyaratan yang diharuskan dalam sebuah produksi massal? Yah, hanya rendang Payakumbuh,” tutur Riza. 


Rendang Payakumbuh menembus pasar ekspor, utamanya ke Arab Saudi. Tahun lalu rendang Payakumbuh mendapat kontrak sebanyak 480 ton untuk kebutuhan jamaah haji.

120  Penghargaan
Cerita rendang merupakan salah satu dari sekitar 120 penghargaan dan cerita sukses yang diperoleh Riza Falepi selama menjabat sebagai walikota ‘Kota Galamai’ ini.  Penghargaan lain yang bertaraf nasional dan internasional pun sering diraihnya. Lebih dari 120 penghargaan dan sertifikat terkoleksi apik di kantornya.


Jebolan Teknik Elekro Institut Teknologi Bandung (ITB) ini  pun sering secara bersama-sama   Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat), Tri Rismaharini (sekarang Mensos), meraih penghargaan-penghargaan bergengsi.

“Tapi mereka kan untuk ukuran kota Besar sementara saya untuk kota kecil,” tutur mantan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI ini merendah.

Namun dari sekian pengharagaan, di luar yang diberikan pemerintah,  yang paling berkesan baginya adalah anugerah yang diberikan oleh  Majalah Tempo Grup.

“Tiba-tiba saja saya dinobatkan sebagai walikota yang berprestasi, yang diukur dari kinerja saya. Diantara kinerja yang diukur adalah meningkatkan pendapatan daerah, pembuatan sanitasi, pengentasan kemiskinan dan peningkatan pelayanan umum. Ya, karena diberi penghargaan tentu saya terima,” tambahnya.


Sementara penghargaan dari pemerintah, menurutnya, semuanya membanggakan karena penghargaan tersebut diberikan itu diukur dari capaian kinerja.

Namun bagi Riza, bukan penghargaan-penghargaan itu yang membuatnya bangga tetapi semangat mengabdi untuk mensejahterakan masyarakat di wilayahnya. 

“Penghargaan itu kan hanya pengakuan bahwa kinerja saya dihargai.  Namun yang lebih penting niat dan kemauan untuk meningkatkan kualitas masyarakat Payakumbuh dengan tulus ikhlas,” tuturnya.


Riza bercerita, awalnya dia tidak punya niat terjun ke birokrasi maupun ke dunia politik.  Karena dia adalah  seorang pengusaha sukses. Dia pernah bekerja di perusahaan multinasional dan mendirikan perusahaan sendiri.  Diantaranya Telecommunication Engineer (Systems Engineer), Bandung, Private Entepreneur in ICT/Joint Businesses, GM Operation di PT Aldomaru, Manager IBS, PT Indonesian Tower dan Business Development di RPE Engineering. Semuanya bergerak di bidang engineering/ IT.

“Tetapi, sekitar tahun 2011,  sejumlah tokoh Payakumbuh memangil saya ke Jakarta, kemudian Ibu saya juga memintanya. Akhirnya saya pun pulang kampung. Lucunya, awalnya saya hanya berniat satu periode saja, tetapi tau-taunya berlanjut dua periode,” tambahnya.
Meski meraih sejumlah penghargaan, Riza tidak cepat puas. Ia selalu bergerak dan berinovasi. Seperti dalam kunjungannya ke Jakarta kali ini. Ia rencananya menghadiri “Pameran Artefak Islam Peninggalan Rasulullah” di Islamic Center Jakarta. 


Ia pun berencana akan menyelenggarakan pameran serupa di ranah Minang. Karena ia mahfum, orang Minang sangat religius dan pasti senang jika di daerahnya diselenggarakan pameran artefak peninggalan Nabi Muhammad.

“Nanti saya akan bicarakan dengan panitia. Khususnya dengan pak Gubernur DKI Anies Baswedan, bagaimana teknisnya untuk menyelenggarakan di tanah Minang, kapan waktunya dan di mana lokasinya. Mudah-mudahan semuanya lancar,” tutup Riza./*** Eddie Karsito.


Bisa dipesan ke Mrs Nafis 08122609578.

                  °°°°°°✓ 081325995968 °°°°°°



Thanks for reading Walikota Payakumbuh Riza Falepi, Utamakan Sektor Pendidikan Bentuk Karakter Bangsa | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS