UMS Menjadi Tuan Rumah Nonton Bareng Jejak Langkah Dua Ulama

Mei 11, 2021
Selasa, 11 Mei 2021


 GUGAT news.com. SUKOHARJO. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menjadi tuan rumah nonton bareng film Jejak Langkah Dua Ulama bertempat di Gedung Edutorium UMS Minggu (9/5) yang dihadiri  290 orang dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 ketat. Sebelum memasuki gedung berkapasitas 10 ribu orang itu, penonton diwajibkan melakulan  Rapid tes Antigen yang disediakan panitia.

"Jarak antar penonton sangat longgar dan Insya Alloh aman," papar Okti, panitia bagian kegiatan.

Pada bagian lain,  film "Jejak Langkah 2 Ulama" yang berdurasi 2 jam lebih itu  menceritakan tentang perjalanan hidup dua ulama besar Nusantara, Kyai Haji (KH) Ahmad Dahlan pendiri Muhammadiyah dan Kyai Haji (KH) Hasyim Asy'ari pendiri Nahdlatul Ulama. Ke dua tokoh besar itu akrab sejak awal pendirian organisasi.

Rektor UMS Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si mengungkapkan bahwa acara yang dikemas nonton bersama  dan pengajian itu sekaligus digunakan unt mengakrabkan kembali Panitia Muktamar Muhammadiyah yang ditunda akibat pendemi Covid 19. "Sedianya kan Juli 2020, tp ditunda 2022 akibat Covid. Pelaksanaannya di Solo," jelasnya. Adapun, lanjut dia, tujuan lain pemutaran film ini adalah sebuah pengakuan hubungan antara Kyai Haji (KH) Hasyim Asy'ari dan Kyai Haji (KH) Ahmad Dahlan tidaklah bertentangan. "Isi film ini menunjukkan bahwa Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama tidaklah bertentangan. Mereka bersahabat, dan tidak ada persoalan," kata Rektor UMS itu disela berlangsungnya pemutaran film.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah sekaligus Badan Pengurus Harian UMS Drs. H. A. Dahlan Rais, M.Hum. menjelaskan alasan pemutaran film ini karena sangatlah penting untuk disaksikan secara visual oleh anggota Muhammadiyah secara luas dengan menunjukan sebuah model pengabdian kepada Islam secara total untuk kemajuan Islam dan sangat direkomendasikan  untuk dinikmati khalayak umum. "Strongly recommended untuk disaksikan secara luas oleh masyarakat umum bukan hanya Muhammadiyah dan Nahdatul Ulama karena terdapat nilai sejarah bangsa Indonesia" kata Dalan Rais setelah pemutaran berlangsung.

Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah Drs. H. Tafsir, M.Ag mengapresiasi pada pihak UMS yang telah memfasilitasi pemutaran Film  "Jejak Langkah 2 Ulama" yang akan membuat masyarakat memahami dua organisasi yaitu Muhammadiyah dan Nahdatul Ulama sebagai 2 pilar Indonesia dan melanjutkan nilai perjuangan 2 ulama besar tersebut. "Saya sangat mengapresiasi UMS yang telah mengadakan nonton bareng film Jejak Langkah 2 Ulama dan berharap untuk masyarakat melanjutkan nilai perjuangan dari Kyai Haji (KH) Ahmad Dahlan pendiri Muhammadiyah dan Kyai Haji (KH) Hasyim Asy'ari pendiri Nahdlatul Ulama," terang ketua PWM Jateng. #D34.

Bisa dipesan ke Mrs Nafis 08122609578.

             °°°°°°✓ 081325995968 °°°°°°



Thanks for reading UMS Menjadi Tuan Rumah Nonton Bareng Jejak Langkah Dua Ulama | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS