Mahasiswa KKN UNS Beri Pelatihan Dan Pemasaran Hampers Pot Wujud Dorongan Pengembangan UMKM

Agustus 31, 2021
Selasa, 31 Agustus 2021

Foto bareng kelompok 352 Mahasiswa KKN di Desa Sribit , Sragen.

GUGAT news.com SRAGEN

Di saat Pandemi COVID-19 yang masih melanda Indonesia membuat berbagai sektor mengalami penurunan. Sektor usaha dan ekonomi merupakan salah satu sektor yang sangat terasa dampaknya. Penurunan sector ekonomi dan usaha diperparah dengan adanya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang terus diperpanjang. 

Ibu ibu Desa Sribit, Sidoarjo, Sragen sedang mengikuti pelatihan di balai desa

Kemunduran sektor ekonomi dan usaha dapat disebabkan oleh terbatasnya skill dan inovasi pelaku usaha serta pemasarannya. Untuk membangkitkan kembali sektor ekonomi dan usaha, mahasiswa KKN Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret (UNS) kelompok 352 melaksanakan program kerja pengembangan UMKM. 

Dengan melihat kemampuan dan peluang pasar, mahasiswa KKN UNS kelompok 352 berkolaborasi dengan usaha pot lukis @ucu.lin untuk memberi pelatihan pembuatan dan pemasaran hampers pot kepada ibu-ibu PKK Desa Sribit. Kegiatan berlangsung pada hari Minggu, 29 Agustus 2021 di Balai Desa Sribit, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Sragen. 

Pemberian hadiah untuk memberi motivasi ibu ibu peserta pelatihan

Pelatihan diikuti oleh 20 ibu-ibu PKK Desa Sribit dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Pemberian pelatihan dan pemasaran ini bertujuan untuk memberdayakan ibu ibu PKK setempat agar dapat berperan sebagai pelaku usaha UMKM dan dapat bersaing di era digital dan pandemi ini. Selain itu, kegiatan tersebut diharapkan dapat membantu meningkatkan perekonomian warga Desa Sribit. 

       Tetap waspada Corona masih ada

Kegiatan pelatihan dan pemasaran hampers pot diawali dengan sambutan oleh Andy Setiawan selaku ketua KKN kelompok 352 dan Ibu Endang selaku ketua PKK Desa Sribit. Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai UMKM dan strategi pemasaran secara online (digital marketing) oleh mahasiswa UNS. Strategi pemasaran online dengan memanfaatkan akun media sosial seperti WhatsApp dan Instagram maupun dengan perantara marketplace seperti Shopee, Tokopedia, dan Lazada. 

Pelatihan dimulai setelah penyampaian materi dengan membagikan seperangkat paket berisikan pot, cat, kuas, besek bambu, pita, dan tanaman hias. Ibu-ibu PKK kemudian diberikan kebebasan untuk menuangkan kkreativitas dan inovasinya dengan mewarnai pot dan menghias hampers pot. 

Untuk meningkatkan motivasi dan antusiasme, mahasiswa KKN kelompok 352 juga menyediakan hadiah menarik. Kegiatan pelatihan dan pemasaran hampers pot berlangsung dengan lancar dengan penuh semangat dan antusiasme ibu-ibu PKK. Kegiatan diakhiri dengan pengumuman pemenang dan pembagian hadiah untuk ibu-ibu PKK dengan kreasi yang unik dan menarik. Ibu-ibu PKK yang mengikuti pelatihan juga diperkenankan membawa pulang hampers hasil kreasi masing-masing.

Tim KKN UNS kelompok 352 yang beranggotakan Andy Setiawan (Pendidikan Kepelatihan Olahraga), Annisa Wulandari (Agroteknologi), Elsa Nur Azizah (Pendidikan Ekonomi PTN), Gloria Indah Warnaningtyas (Pendidikan Luar Biasa), Muhammad Anang Ma’ruf (Pendidikan Teknik Mesin), Nadya Rizki Febrianti (Bimbingan dan Konseling), Regiana Dzita Nurlaela (Agroteknologi), Regina Lovey Taqiyyah (Psikologi), Ricardo Keane Darmawan (Arsitektur), dan Yasara Madda Adati (Arsitektur) dibawah bimbingan dosen pembimbing lapangan, Dr. Sri Yamtinah, S.Pd, M.Pd. memberikan pelatihan dan mendampingi dari awal hingga akhir. #F1K.

MakanKu Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini Solusi di saat Pandemi Covid-19.

             °°°°°✓ 081325995968 °°°°°°







Thanks for reading Mahasiswa KKN UNS Beri Pelatihan Dan Pemasaran Hampers Pot Wujud Dorongan Pengembangan UMKM | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS