Sinuhun Paku Buwono (PB) XIII Saksikan Parade Drumband Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Oktober 02, 2021
Sabtu, 02 Oktober 2021


 Sinuhun Paku Buwono (PB) XIII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Saksikan Devile Drumband Keraton. Foto : Yani.

GUGAT news.com. SOLO.

Bertempat di Bangsal Kamandungan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Sinuhun Paku Buwono (PB) XIII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat didampingi Permaisuri Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Paku Buwono XIII serta Pengageng Parintah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Dipo Kusuma beserta istrinya Raden Ayu (RAy) Febri Hapsari Dipo Kusuma juga Sentana Ndalem sekaligus beberapa pejabat, sore itu Sabtu (2/10/2021) bertepatan dengan Hari Batil Sedunia,  menyaksikan parade drumband keraton. 

Satu persatu para peserta Devile Drumband keluar dari keraton berjalan menuju Bangsal Kamandungan. Foto : Yani.

Sore itu cuaca tampak cerah, usai digelarnya peragaan busana di dalam keraton yang dimaksudkan untuk memperingati Hari Batik sedunia yang jatuh pada hari ini, Sabtu (2/10/2021), sebagai penutup acara digelarlah Devile, Parade Drumband Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Sehingga saat itu pula, beliau Sinuhun Paku Buwono XIII berkenan untuk menyaksikan sekaligus menerima salam penghormatan dari Komandan pasukan Prajurit Keraton yang tengah betdevile. Dengan khidmad, khusyuk Sinuhun mencermati satu persatu barisan Parade Drumband. Dengan beberapa kali anggukan kepala, pertanda telah diterimanya salam penghormatan dari mereka para peserta prajurit keraton. 

Komandan Pasukan Prajurit Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat tengah memberikan salam penghormatan kepada beliau Sinuhun Paku Buwono XIII. Foto : Yani.

Sungguh, betapa mulianya hati nurani Sinuhun Paku Buwono XIII Raja Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ini, bagaimana tidak? Meskipun dalam kondisi duduk di atas kursi rodanya, sebagai konsekuensinya selaku panutan keluarga, warga dan masyarakat umum yang juga khusus bagi warga Kota Solo, tetap saja menampilkan kondisi ceria. Dengan busana batik, bercelana panjang hitam serta mengenakan blangkon sebagai penampilan khas raja Jawa, dengan seksama beliau melihat satu persatu peserta Parade Drumband Keraton. Bukan hanya itu saja, dengan anggukan kepala, pertanda telah menerimanya salam penghormatan dari Komandan Pasukan Prajurit Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang telah menunaikan tugasnya.

RAy Febri Hapsari Dipo Kusuma berkenan foto bareng dengan peserta Devile Drumband Keraton. Foto : Yani.

Tak lama kemudian, parade drumband keraton pun juga usai. Sehingga tidaklah lama kemudian, Sinuhun Paku Buwono XIII pun bergegas meninggalkan Bangsal Kamandungan bersama Permaisuri tercinta Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Paku Buwono XIII. Tidaklah demikian dengan Pengageng Parintah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, KGPH Dipo Kusuma serta sang istri RAy Febri Hapsari Dipo Kusuma, masih berkutat di sekitar Kamandungan. "Dalam waktu dekat, kita akan kembali tampil. Hanya saja, lokasinya berlainan. Bisa di Sasana Sumewa Pagelaran atau Balaikota. Bisa jadi nanti setiap hari Sabtu, kita gelar acay Devile Drumband Keraton ini," jelas KGPH Dipo Kusuma yang juga turut diiyakan Kanjeng Dar, selaku panitia pihak keraton akan hari Batik sedunia.


RAy Febri Hapsari Dipo Kusuma bertutur tentang batik hasil karya GKR Paku Buwono XIII. Foto ; Yani

Dalam kesempatan itu, RAY Febri Hapsari Dipo Kusuma yang akrab disapa Mbak Febri ini, berkenan melakukan foto bareng dengan panitia yang dari Putra Putri Solo berpose dengan peserta Devile Drumband Keraton. Usai dari kegiatan foto bareng, kembali Mbak Febri dicegat wartawan dengan beberapa pertanyaan."Prinsipnya keraton mendukung Hari Batik sedunia. Sehingga digelarlah berbagai acara, diantaranya talk show di dalam keraton dan diakhiri Devile Drumband Keraton di luar keraton, Kori Kamandungan. Perlunya kolaborasi dari pengusaha Batik, sehingga merupakan langkah awal yang baik menuju sinergi dan terciptanya kemakmuran negeri," pungkas RAY Febri Hapsari Dipo Kusuma. # A.A. Yani.


Makanku Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini Solusi Di Saat Pandemi Covid-19


                  °°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°







Thanks for reading Sinuhun Paku Buwono (PB) XIII Saksikan Parade Drumband Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS