KGPH Puger : Renovasi, Revitalisasi Semoga Membawa Kebaikan Keraton

November 03, 2021
Rabu, 03 November 2021


 KGPH Puger salah satu Putra Ndalem Sinuhun Paku Buwono XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

GUGAT news.com. SOLO.

Menyoal sekaligus mensikapi rencana pemerintah pusat untuk melakukan renovasi dan revitalisasi di Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, budayawan yang juga merupakan salah satu Putra Ndalem Sinuhun Paku Buwono XII, beliau adalah KGPH Puger mengatakan, jika itu rencananya pemerintah pusat untuk melakukan perbaikan beberapa bangunan di keraton yang sudah mulai rusak, tidak ada masalah dan bagus-bagus saja. "Baik itu rencananya pemerintah pusat," papar KGPH Puger, sambil mengacungkan jempolnya.

KGPH Dipo Kusuma, Pengageng Parintah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Sinuhun Paku Buwono XIII yang juga salah satu Putra Ndalem Sinuhun Paku Buwono XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Ditambahkan Gusti Puger, panggilan akrab KGPH Puger ini, malahan semoga saja dengan adanya niat baik pemerintah pusat berkenan merenovasi, merevitalisasi, perbaikan perbaikan bangunan bagian keraton yang pastinya sudah pada mulai rusak, bukan hanya berdampak akan baiknya bangunan yang direnovasi, melainkan berdampak positif bagi semuanya. Artinya, bagian bangunan keraton yang rusak, menjadi lebih indah lagi. Pun demikian, situasi yang tidak harmonis dan sudah 17 tahun ini berlangsung, kurang harmonis nya dan adanya konflik internal keluarga besar Putra Putri Ndalem Sinuhun Paku Buwono XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ini juga akan menjadi baik kembali, seperti sebelum 2004. Guyub rukun.

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang tampak megah dari luar, keropos di dalamnya.

Namun demikian, tidaklah dengan beliau Pengageng Parintah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Sinuhun Paku Buwono XIII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat sekarang ini, beliau adalah KGPH Dipo Kusuma, menyatakan bilamana belum saatnya jika harus berbicara tentang rencana pemerintah pusat untuk melakukan renovasi dan revitalisasi serta perbaikan perbaikan bagian bangunan keraton. "Nanti kalau sudah saatnya, GUGAT news com pasti akan saya panggil untuk bicara hal ini atau lainnya. Bukankah kita sudah lama salling mengenal? Kita sering bertemu di tenis an Suryo Hamijayan. Nantilah...!" papar KGPH Dipo Kusuma, berlalu meninggalkan GUGAT news com saat berjumpa di Sasana Sumewa Pagelaran Keraton, belum lama ini.

Berdasarkan informasi yang pernah disampaikan oleh humas dari Maha Menteri Tedjo Wulan, KP Bambang Pradoto Nagoro SH beberapa hari lalu di Sasana Purnomo Badran Laweyan Solo, sekurangnya ada 13 bangunan yang direnovasi atau direvitalisasi. Keraton Kulon, Keputren, Panggung Songgo Buwono, kesemuanya ada di dalam tembok keraton. Sedangkan yang di luar, dimulai dari rumah KGPH Dipo Kusuma, Ndalem Sasana Mulya, Kandang Kereta, Pekapalan taman parkir Masjid Agung, Sasana Sumewa Pagelaran, Sitihinggil, Gondorasan, Sitihinggil Kidul dan Gerbong kereta jenazah PB X serta kandang Kebo Kyai Slamet Alun alun Kidul.

Makanku Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini Solusi Di Saat Pandemi Covid-19


                         °°°°°°°°°°°°°°°°°°°

Thanks for reading KGPH Puger : Renovasi, Revitalisasi Semoga Membawa Kebaikan Keraton | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS