Artis Yati Surachman Gadaikan Sertifikat Rumay Buat Modal Usaha

Desember 30, 2021
Kamis, 30 Desember 2021


 GUGAT news.com

Suasana Pandemi covid-19 tidak hanya berdampak akan ekonomi masyarakat secara luas, melainkan juga berimbas pada pelaku industri perfilman dan pertelevisian.

Sejumlah pekerja film dan sinetron banyak kehilangan pendapatan akibat batal atau mundurnya sehingga tertundanya sejumlah rencana produksi. Ditambah lagi jauh sebelum Pandemi covid-19 system pembayaran upah pekerja film dan sinetron dinilai kurang sehat.

“Dalam batas tertentu pekerja film tidak cukup mengandalkan penghasilannya di industri ini. Harus mulai dipikirkan adanya dipersifikasi usaha,” ujar *Yati Surachman, di dalam acara ‘seniman peduli’ yang berlangsung di sekretariat Yayasan Humaniora Rumah Kemanusiaan, Kranggan Permai, Jatisampurna, Kota Bekasi, Selasa (28/12/2021).

Pandemi covid-19, kata aktris film _’Sang Pencerah’_  ini, mengganjal proses shooting dari sejumlah film sekaligus sinetron. Akibatnya, proyek tersebut terpaksa ditunda atau bahkan dibatalkan sama sekali.

“Kalau proyek cancel semua bisa nol rupiah. Lumayan ambyar. Kita enggak ada usaha lain. Jangankan proyek ditunda atau shooting mundur, yang sudah tayang saja rumah produksi bayar honornya _‘tarsok-tarsok’_ (entar-besok),” kata Yati.

Tak pelak Yati Surachman pun khawatir akan proyek shooting yang semakin berkurang lantaran situasi pandemi yang tidak pasti. Untuk mengatasi keadaan,  Yati sedang mempola kemungkinan buka usaha di bidang catering. Namun lagi-lagi bukan perkara mudah. Ia terbentur masalah permodalan.

“Saya punya rumah di Ciomas, Bogor, Jawa Barat dan di Serang Timur, Banten. Saya ada rencana mau jual aset ini. Tapi jual rumah kan enggak segampang jual kacang goreng,” ujar bintang sinetron _‘Arwah Nenek Gayung’_ ini.

Makanku Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini Solusi Di Saat Pandemi Covid-19

Alternatif lain, Yati Surachman mau pinjam modal usaha ke Bank dengan jaminan sertifikat rumah, yang di Serang Timur, Banten. Namun sertifikat rumah tersebut, kata dia, belum diberikan oleh perusahaan pengembangnya. 

Rumah tersebut, dikatakan Yati, merupakan pemberian dari perusahaan properti atas dedikasinya di dunia seni peran, tahun 2018 lalu. Serah terima rumah tersebut sudah dilakukan saat acara ulang tahun sebuah tayangan infotainment yang tayang di salah satu televisi swasta belum lama ini.

“Saya berharap sertifikat rumah tersebut segera bisa saya terima, karena sudah tiga tahun. Jika mungkin sertifikat itu akan saya agunkan ke perusahaan jasa keuangan buat modal usaha,” papar pemeran _Nenek Kayla_ dalam sinetron _‘Suara Hati Kayla Season 2’_ ini.

Sementara ini Yati lebih memilih tinggal di rumah orangtuanya yang ada  di kawasan Kayu Manis, Matraman, Jakarta Timur, demi menghemat biaya hidup.

“Karena kalau sekarang ini, saya tinggal di perumahan itu waktu tempuhnya lumayan. Sementara kerjaan banyak di Jakarta. Selain jauh juga biayanya besar. Apalagi keadaannya masih pandemi covid-19, dan kerjaan jarang-jarang,” ujar _The Best Actress Festival Film Asia Pasifik (FFAP)_  ini./***








Thanks for reading Artis Yati Surachman Gadaikan Sertifikat Rumay Buat Modal Usaha | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS