Revisi Peraturan Kepala BPOM Untuk Lindungi Masa Depan Anak Indonesia

Januari 26, 2022
Rabu, 26 Januari 2022


 Arzeti Bilbina, Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PKB.

GUGAT news.com

Langkah BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) merevisi Peraturan Kepala BPOM No 31/2018,  di mana merencanakan pelabelan peringatan konsumen bagi kemasan plastik berbahan polycarbonat yang mengandung BPA telah melalui proses panjang. 

Hampir dua tahun BPOM melakukan kajian memanggil dari berbagai elemen masyarakat yang kompeten membahas soal pelabelan ini. 

Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PKB Arzeti Bilbina telah berjuang untuk meyakinkan sesama Anggota Dewan, bahwa revisi Peraturan Kepala BPOM No. 31/2018 segera dilakukan. 

Hasilnya, pada kesempatan rapat Komisi IX  dengan Kepala BPOM Penny K Lukito, Komisi IX menanyakan dan meminta penjelasan dari BPOM mengenai bahaya zat BPA dan rencana revisi Perka pelabelan, pada kemasan plastik yang mengandung BPA. 

"Alhamdulillah, perjuangan panjang pada akhirnya BPOM mau melakukan pelabelan pada kemasan plastik yang mengandung BPA. Salah satunya galon guna ulang" tutur Arzeti Bilbina, dalam keterangan tertulis, Rabu (26/01/2022).

Sejalan dengan pandangan Arzeti, menurut Guru Besar Departemen Teknik Kimia Universitas Diponegoro, Prof. Dr Andri Cahyo Kumoro, S.T, M.T bahwa zat BPA memang berbahaya. 

Hampir sebagian besar masyarakat, kata Prof. Dr Andri, menggunakan galon guna ulang dari polycarbonat yang mengandung BPA. Terutama di kota-kota besar. 

Makanku Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini Solusi Di Saat Pandemi Covid-19

"Migrasi zat BPA ini dapat terjadi apabila ada pemanasan dan gesekan. Potensi terjadinya pelecutan BPA ke air yang paling mungkin di kota besar, " ungkap Prof. Andri. 

Dengan berbagai fakta penelitian bahwa BPA sebagai salah satu faktor penyebab beberapa penyakit. Oleh karena itu dirinya sangat mendukung jika dilakukan pelabelan sebagai informasi kepada konsumen. 

"Banyak konsumen tidak tahu simbol ppastik No. 7 pada kemasan plastik polycarbonat yang mengandung zat BPA itu artinya apa? Hanya produsen yang paham atau mereka yang berkecimpung di bidang ini,” ungkapnya. 

Mengutip pendapat Wakil Ketua PDUI (Persatuan Dokter Umum Indonesia), dr Hartati B Bangsa, secara tegas mendukung BPOM melakukan pelabelan pada galon guna ulang dengan kode plastik No. 7 yang mengandung BPA. 

"Penelitian paling mutakhir pada tahun 2021 tentang zat BPA bahwa zat BPA ini memberikan dampak kepada anak, " tegas dr Hartati B Bangsa. 

      Makanku praktis dan tidak ribet

Masih menurut dr Hartati B Bangsa, ibu hamil itu kondisi paling rentan. “Perjalanan zat BPA ke dalam tubuh sangat manis. Dia tidak terlihat gejalanya dan tidak ketahuan, serta prosesnya jangka panjang, " papar dr Hartati B Bangsa./*** Eddie Karsito

 Masih melayani pembelian di Kota Solo

 .                     °°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°


Thanks for reading Revisi Peraturan Kepala BPOM Untuk Lindungi Masa Depan Anak Indonesia | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS