Kembali Sinuhun PB XIII Wujudkan Kepeduliannya Bermasyarakat

April 30, 2022
Sabtu, 30 April 2022


 Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

GUGAT news.com. SOLO.

Di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, sepertinya Sinuhun Paku Buwono XIII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat juga sering berbagi Bebungah Ndalem baik itu kepada mereka para abdi dalem Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat atau dengar warga masyarakat setempat atau Kampung Baluwarti yang ada di dalam Tembok Beteng Baluwarti serta masyarakat Kota Solo khususnya dan Soloraya pada umumnya.


Dari mulai malam selikuran atau jelang 10 hari Iktikaf kali terakhirnya dengan membagikan Tumpeng Sewu, nasi putih gurih sejumlah seribuan. Setelah dikeluarkan dari Kori Kamandungan yang selanjutnya di bawa ke Masjid Agung Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat untuk di doakan dan dibagikan oleh beliau Penghulu Tafsir Anom Masjid Agung, KH Muhtarom.


Tak lama kemudian, masih di bulan Ramadhan, Sinuhun PB XIII juga membagikan Kekuncah Ndalem semacam Bebungah atau hadiah dari Sinuhun untuk ribuan abdi dalem sekaligus Pepancen atau gaji bulanan. Bukan hanya itu saja, zakat fitrah pun dibagikan langsung. Dari beras 5 kg, minyak goreng, sirup, roti dan mie instan serta tambahan uang Rp 21 ribu di samping gaji bulanan.


Selesai membersihkan Kekuncah Ndalem kepada abdi dalem, juga di berikan pula Bebungah kepada warga masyarakat Kampung Baluwarti. Tidak kurang 1000 bingkisan. "Alhamdulillah...kami senang sekali dengan pemberian bingkisan dari Sinuhun Paku Buwono XIII ini, Insyaallah berkah," papar Ny Widodo yang tengah antri di depan pintu masuk Ndalem Sasana Putra.


Makanku Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini Solusi Di Saat Pandemi Covid-19

Khusus untuk warga Kota Solo khususnya dan Soloraya pada umumnya, diberikan pula Bebungah atau hadiah berupa hiburan kebudayaan tempo dulu, jaman keemasan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang kala itu sebagai pusat pemerintahan dari Nagari Surakarta, Devile Drumband Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.


       Makanku praktis dan tidak ribet

 " Ini malahan intens sekali. Setiap Sabtu sore, keraton selalu menggelar Devile Drumband Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat untuk masyarakat luas. Dari Kori Kamandungan muter hingga Sasana Sumewa Pagelaran Keraton. Pengunjung pun diperkenankan untuk potret bersama dengan prajurit," pungkas Kanjeng Gusti Pangeran Haryo Adipati Dipo Kusuma, Pengageng Parintah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. (Yan 1)


                      ¥¥¥¥¥¥¥¥¥¥¥¥¥¥¥¥





Thanks for reading Kembali Sinuhun PB XIII Wujudkan Kepeduliannya Bermasyarakat | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS