Mengenang Kejayaan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

April 17, 2022
Minggu, 17 April 2022

 

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Dinasti Mataram Islam ke 4

GUGAT news.com. SOLO.

Seperti sore itu, Sabtu (16/4/2022) sekitar pukul 16.00 WIB, suasana Kori Kamandungan dengan Devile Drumband Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, mengingatkan pengunjung yang melakukan atraksi Devile Drumband seakan benak ini terbawa ke dalam suasana masa silam. Masa jaman kejayaan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Setidaknya benak ini dibawa larut ke masa lampau, masa kerajaan dan VOC Belanda. Bagaimanapun juga atraksi drumbend keraton yang cukup menarik dengan iringan tabuhan musik cukup sederhana sekaligus kostum mewah yang melambangkan busana tempo dulu. Diantara kerajaan dan feodalisme. Hal itulah yang menjadikan benak ini larut ke dalam suasana masa lampau. Menarik bukan?

Bergodo Prawira Anom pasukan berkuda yang biasa melakukan peperangan jarak jauh.

Adanya Bergodo atau Pasukan Korp musik, penyemangat barisan Bergodo perang untuk maju ke medan laga. Selanjut disusul Bergodo Darapati pasukan penyedia logistik, baik makan ataupun senjata perang sebelum pasukan diberangkatkan. Semuanya dipersiapkan oleh Bergodo Doropati yang dibantu langsung oleh Bergodo Jayeng Astro, sebagai pasukan pembantu penyedia logistik perang.

Makanku Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini Solusi Di Saat Pandemi Covid-19

Barulah Bergodo perang dari Tamtomo yang senantiasa harus sigap, siap sedia menjadikan pengaman sekaligus penjaga kerajaan dan keamanan raja. Dilanjutkan dengan Bergodo Prawira Anom, khusus pasukan perang jarak jauh, inilah yang dikenal sebagai pasukan berkuda, kavaleri. Untuk pasukan prajurit inti, pasukan khusus yang berbusanakan serba kemerahan. Lambang dari semangat dan keberanian yang menyala nyala.

Korp Bergodo Musik selaku penyemangat Prajurit untuk maju perang.

Ditambahkan KRAT Prajono Yudho Nagoro selaku Komandan Prajurit Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, dari Bergodo Sorogeni yang serba kemerahan busananya, dilanjutkan oleh Bergodo Joyosuro, selaku pasukan khusus Telik Sandi yang saat ini dikenal sebagai padukan Intel perang. Biasanya ada di Markas TNI namun juga ada di kepolisian. " Pasukan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ini ada puluhan jenis pasukan perang," jelasnya. # Yani.

            °°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°

           &&&&&&&&&&&&&&&&&&&










Thanks for reading Mengenang Kejayaan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS