Sinuhun Paku Buwono XIII Bagikan Kekuncah

April 27, 2022
Rabu, 27 April 2022


 Kanjeng Gusti Pangeran Haryo Adipati (KGPH) Adpt Dipo Kusuma, Pengageng Parintah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Sinuhun PB XIII.

GUGAT news.com. SOLO.

Melalui Pengageng Parintah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Adpt Dipo Kusuma, beliau Sinuhun Paku Buwono XIII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, ini hari Rabu (27/4/2022) di Ndalem Sasana Putra, menyerahkan ribuan Kekuncah Ndalem, semacam Bebungah atau hadiah kepada mereka para abdi dalem Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat baik yang berada di dalam keraton maupun yang berada di luar keraton. Semisal juru kunci makam leluhur serta juru kunci Pesanggrahan.

Mereka para abdi dalem yang satu persatu tertib urut menunggu Kekuncah Ndalem di Ndalem Sasana Putra.

Khusus untuk mereka para abdi dalem bukan hanya menerima Kekuncah Ndalem saja, melainkan juga saat itu langsung menerima Pepancen atau gaji bulanan langsung dari Sinuhun Paku Buwono XIII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. "Kekuncah Ndalem, ini biasa diberikan oleh Sinuhun PB XIII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat bukan hanya saat menjelang lebaran Iedul Fitri saja, melainkan banyak pula di berbagai kegiatan pada waktu waktu tertentu,"jelas KGPH Adpt Dipo Kusuma.

Kembali ditambahkan Gusti Dipo, panggilan akrab KGPH Adpt Dipo Kusuma, Kekuncah Ndalem tak jarang dibagikan pada saat Tingalan Jumenengan, Tingalan Pawukon, Tingalan Sepekenan juga Tingalan Tahun serta juga pada saat Grebeg. Bisa Grebeg Maulud, Grebeg Poso serta Grebeg Iedul Adha kurban. "Pada saat ritual itu semua, Sinuhun Paku Buwono XIII biasa memberi Kekuncah Ndalem nya." paparnya.

Makanku Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini Solusi Di Saat Pandemi Covid-19

Yang pasti, masih menurut penuturan Gusti Dipo, kegiatan kali ini dalam bulan yang penuh berkah ini dimaksudkan sebagai wujud kebersamaan sekaligus rasa kepedulian bersama di bulan Ramadhan. Sehingga bukan hanya mereka para abdi dalem saja yang menerima Kekuncah Ndalem, melainkan juga para warga Kampung Baluwarti Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. "Untuk abdi dalem tidak kurang 1000 Kekuncah Ndalem. Sedangkan khususnya warga Dalam Tembok Beteng Baluwarti juga disediakan 1000 Kekuncah Ndalem," jelas Gusti Dipo.

       Makanku praktis dan tidak ribet

Akan halnya warga masyarakat Kampung Baluwarti yang mengaku baru tahun ini mendapatkan Kekuncah Ndalem, merasa senang sekali. Sehingga mereka berharap kepada beliau Sinuhun Paku Buwono XIII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, bukan hanya sekali ini bisa mendapatkan Bebungah atau hadiah dari Sinuhun, melainkan pada saat saat tertentu. " Apalagi di waktu Pandemi Covid-19 seperti saat ini, Kekuncah Ndalem sangat membantu sekali," terang Ibu Atmo (50) yang menunggu girik dengan istirahat di Ndalem Sasana Mulya atau di depan Ndalem Sasana Putra. #Yan 1.

                    €€€€€€€€€€€€€€€€€

                     ¢¢¢¢¢¢¢¢¢€¢¢¢¢¢¢€¢¢

                      ¥¥¥¥¥¥¥¥¥¥¥¥¥¥¥¥

                  £££££££££££££££££££¢










Thanks for reading Sinuhun Paku Buwono XIII Bagikan Kekuncah | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS