Bantuan Keraton Kasunanan Dari Pemerintah Pusat Kok Tak Segera Cair....?

Mei 18, 2022
Rabu, 18 Mei 2022


 Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang telah berusia 277 tahun. 

GUGAT news.com. SOLO.

Boleh jadi, tampak megah dan mewah kondisi Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dari bangunan luarnya. Namun demikian, cukup memprihatinkan Suasananya bangunan yang ada di dalamnya. Sehingga perlu adanya segera upaya untuk renovasi, revitalisasi serta perbaikan beberapa bangunan yang memang perlu mendapatkan perhatian khusus tersendiri.

KGPH Adpt Dipo Kusuma Pengageng Parintah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Sinuhun PB XIII

Setidaknya ada sekitar 12 sampai 13 bangunan yang minta segera diperbaiki mumpung belum roboh pastinya. Pasalnya, tidak sedikit bangunan yang saat ini sudah ditopang dengan beberapa bambu ataupun kayu berukuran besar serta pipa pipa besi. Dimaksudkan, agar bangunan bersejarah sangat tinggi itu tidak segera roboh.

Makanku Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini Solusi Di Saat Pandemi Covid-19

Ada yang di dalam Tembok Beteng Cempuri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, diantaranya Panggung Songgo Buwono, Ndalem Keputren serta Keraton Kulon. Sedangkan yang berada di luar Tembok Beteng Cempuri, namun masih berada di dalam Tembok Beteng Baluwarti Keraton, ada Ndalem Sasono Mulyo, Kandang Kereta juga Ndalem Kepatihan yang rencananya akan dibangun di bekas Sekolah SMEA Saraswati, timur dari Gondorasan.

Sedangkan yang berada di luar Tembok Beteng Baluwarti Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, ada di antaranya seputar Alun alun Lor, Bangsal Perkapalan di depan Masjid Agung Keraton, serta di sebelah Timur Alun alun Lor. Setidaknya yang kini menjadi pasar cinderamata kacamata, batu permata dan tosan aji. Dari kedua sisi kanan-kiri Alun alun Lor ini mulai tampak kumuh.

Untuk bagian dari Alun alun Kidul, diantaranya bangunan Gerbang Kereta Jenazah Sinuhun Paku Buwono X berikut gerbong kereta api yang biasa dipakai pesiar. Selain itu, juga bagian kandang Kebo Bule yang ada di selatan Alkid serta yang ada di Sitihinggil Kidul. Termasuk Sitihinggil Kidul ini juga perlu segera dibenahi, sebelum pastinya rusak berkepanjangan.

Saat dikonfirmasi masalah ini, Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Puger, salah satu Putra Ndalem Sinuhun Paku Buwono XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, menjawab singkat. "Silakan saja, selama itu semua bertujuan baik demi Kuncoro nya Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Saya pribadi tidak ada masalah, kenapa kudu ditolak?" tanya nya.

KGPH Puger salah satu Putra Ndalem Sinuhun PB XII yang adik kandung PB XIII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Sedangkan selaku Pengageng Parintah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Sinuhun Paku Buwono XIII, beliau KGPH Adpt Dipo Kusuma, saat dikonfirmasi di sela sela kegiatan Devile Drumband Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, serasa keberatan dengan pertanyaan seputar dana bantuan pemerintah pusat. "Sudahlah, bicara soal lainnya saja!" pinta Gusti Dipo panggilan akrab KGPH Adpt Dipo Kusuma.

Lain halnya dengan jawaban Kanjeng Pangeran (KP) Bambang Pradoto Nagoro SH, selaku Humas dari Maha Menteri Panembahan Agung Tedjo Wulan, "Sekitar 7 bulan lalu, saya mengantar utusan dari pemerintah pusat yang hendak memberikan bantuan untuk renovasi, revitalisasi serta perbaikan keraton, malahan ditolak dan diminta keluar keraton oleh Gusti Dipo. Termasuk keponakannya sendiri, Gusti Putri, Putri Ndalem Panembahan Agung Tedjo Wulan. Ya sudah, saya keluar. Kini, saya malahan jadi tidak tahu perkembangannya," jelas KP Bambang Pradoto Nagoro SH. #Yan 1.

KP Bambang Pradoto Nagoro SH selaku Humas dari Maha Menteri Panembahan Agung Tedjo Wulan.


Thanks for reading Bantuan Keraton Kasunanan Dari Pemerintah Pusat Kok Tak Segera Cair....? | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS