Dari Keonaran Berdirilah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Mei 09, 2022
Senin, 09 Mei 2022


 Kori Brojonolo Lor Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

GUGAT news.com. SOLO.

Adalah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang kini tengah dan terus saja bermasalah di antara Putra Putri Ndalem Sinuhun Paku Buwono XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, baik dari beliau Sinuhun Paku Buwono XIII sekaligus kakak dan adik adiknya, baik yang se ibu maupun tidak. Mungkinkah hal itu semua imbas dari mulai berdirinya Keraton dengan diawali dari pertumpahan darah Dinasti Mataram Islam sebelum nya?

Sasana Sumewa Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Bisa jadi iya, pun demikian juga boleh jadi tidak benar. Artinya, memang Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang berdiri lantaran adanya Boyong Kedaton Keraton Kartasura Hadiningrat dari Sinuhun Paku Buwono II (1745) pindah ke Desa Sala yang sekarang ini berdiri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Adalah adanya pemberontakan Mas Garendi terhadap Keraton Kartasura Hadiningrat (1742) atau yang populer dengan sebutan Gegeran Pecinan.

Nengungsilah Sinuhun PB II ke wilayah Ponorogo, Jawa Timur tepatnya di Pondok Pesantren milik Kiai Hasan Besari. Tak lama kemudian, kembalilah Sinuhun PB II ke Keraton Kartasura Hadiningrat yang begitu terkejutnya melihat carut marutnya keraton seusai peperangan Mas Garendi melawan Sinuhun PB II yang saat itu dibantu oleh beliau Bupati Madura, Cakraningrat. Mendapati keraton sudah rusak, segeralah Sinuhun Paku Buwono II memerintahkan Tumenggung Honggowongso, Tumenggung Mangkuyudho serta komandan pasukan VOC Hohendorf untuk mencari lahan.

Bertemulah dengan Ki Gede Sala yang kebetulan memiliki lahan berupa rawa rawa dan cukup besar. Sehingga tepat sekali jika diperuntukkan pendirian sebuah kerajaan. Saat itu pula, dipilihlah tanah milik Ki Gede Sala ini dari dua pilihan lainnya. Sono Sewu, Bekonang,  Sukoharjo dan Kadipolo Sriwedari. Keduanya kurang bagus untuk pendirian keraton. Sono Sewu, akan menenggelamkan kebesaran Dinasti Mataram Islam, sedangkan Sriwedari, tidak mampu bertahan lama.

Dan diambillah oleh Sinuhun Paku Buwono ke II lahan rawa rawa milik Ki Gede Sala untuk segera di bangun keraton. Pada 1743 dibangunlah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dan 1745 Boyong Kedaton Keraton Kartasura Hadiningrat ke Desa Sala yang langsung menempati Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat hingga saat ini. Dari Sinuhun Paku Buwono II Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat sampai Sinuhun Paku Buwono XIII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Pastinya sudah perlu adanya Renovasi Revitalisasi dan setidaknya semacam perbaikan. Pasalnya, usianya sudah 277 tahun. (Yani)










Thanks for reading Dari Keonaran Berdirilah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS