Mengenal Lebih Dekat Kori Brojonolo Lor

Mei 21, 2022
Sabtu, 21 Mei 2022


 Kori Brojonolo Lor Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

GUGAT news.com. SOLO

Kori Brojonolo Lor atau yang biasa dikenal dengan sebutan Lawang Gapit Lor merupakan pintu gerbang utama dari arah utara menuju ke halaman Kamandungan Lor atau Gerbang Cempuri, kompleks dalam keraton yang dilingkupi oleh Tembok Beteng Baluwarti. 

Kori Brojonolo Lor sendiri menghubungkan ke sekitarnya area Supit Urang sekaligus ke kawasan Baluwarti. Oleh beliau sang arsitek, pembuat Kori Brojonolo Lor, Etan, Kidul dan Kulon, Sinuhun Paku Buwono III Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (1782) disebut sebagai Gaya Semar Tinandu, gerbang yang memiliki atapnya trapesium seperti joglo.


 Bangunan Kori Brojonolo ini tidak ditopang oleh kayu melainkan langsung ditopang oleh Tembok Beteng Baluwarti yang menjadi pemisah satu kompleks dengan kompleks bangunan berikutnya. Menariknya Kori Brojonolo Lor ini, sepertinya lebih lengkap dari Kori Brojonolo lainnya. Dilengkapi bangsal penjagaan.

Bangsal penjagaan di luar Kori Brojonolo Lor ada Bangsal Brojonolo Kiwo dan Brojonolo Tengen. Dan di dalamnya ada Bangsal Wisomarto Kiwo dan Tengen. Kesemuanya berfungsi sebagai penjagaan pengawalan dari prajurit Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Bukan hanya itu saja, di sebelah Timur atau kanan Kori Brojonolo Lor ini ada bangunan Menara lonceng jam panggung yang biasa dibunyikan pada setiap jamnya sebagai pertanda waktu. Pada kayu jati di tengah Kori Brojonolo Lor ada tempelan kulit sapi yang memiliki sengkolo atau perhitungan tahun. 

Adalah bertajuk Lulang Sapi Siji atau Wolu ilang sapi siji ( kulit sapi satu atau delapan hilang sapi satu) hal itu memiliki arti, perlambang tahun Jawa dan tahun masehi. Yaitu 1708 perhitungan tahun Jawa dan 1782 perhitungan kalender tahun masehi. Saatitu bertahta sebagai Raja di Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat beliau Sinuhun Paku Buwono III. #Yan 1











Thanks for reading Mengenal Lebih Dekat Kori Brojonolo Lor | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS