Semrawutnya Sasana Sumewa Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Juli 01, 2022
Jumat, 01 Juli 2022


 Sasana Sumewa Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, semrawut 

GUGAT news. com SOLO

Sepertinya jagrak, Cakra kewibawaan dari bangunan bersejarah yang dibangun oleh beliau Sinuhun Paku Buwono X Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dengan Bangsal Sasana Sumewa Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, memprihatinkan. Semrawut, hilir mudik lalu lalang pejalan kaki, pesepeda motor, mobil bahkan bus pariwisata hingga pedagang kulineran Oprokan.

Maraknya pedagang kulineran dan parkiran mobil di depan Sasana Sumewa Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat 

"Dulu sebenarnya saya sudah pernah mengusulkan, sebaiknya lahan luas dari Alun-alun Utara bisa dipakai menampung sarana perparkiran. Baik yang hendak kulakan kain di Pasar Klewer ataupun yang berwisata ke Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Bukan hanya parkir saja, keberadaan kaki lima kulineran juga bisa ditampung. Tinggal di atur saja," terang KGPH Puger belum lama ini saat bertemu dengan GUGAT news.

KGPH Puger salah satu Putra Ndalem Sinuhun Paku Buwono XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat 

Ditambahkan Gusti Puger, panggilan akrab KGPH Puger salah satu Putra Ndalem Sinuhun Paku Buwono XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang juga adik kandung Sinuhun Paku Buwono XIII sekarang Ini, kondisi semrawutnya Sasana Sumewa Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat jelas mempengaruhi kewibawaan sekaligus menjadikannya kurang "Kajen" peninggalan sejarah leluhur Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. " Bisa jadi, malahan akan rusak dengan tangan jahil yang tidak bertanggungjawab!"tegasnya.

Sehingga tidak ada salahnya, masih menurut penuturan Gusti Puger, kembali keberadaan Sasana Sumewa Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dibenahi sekaligus ditata pada porsinya masing-masing. Artinya, suasana halaman depan Pagelaran bisa steril, bebas dari parkiran motor dan mobil bahkan bus pariwisata serta pedagang kulineran. Mereka bisa ditata rapi di lahan Alun alun Utara. "Bahkan bisa dimulai dari Alun-alun Utara ini wisatawan keraton, tidak langsung ke Museum Keraton Kasunanan," jelasnya.

Ditambahkan Gusti Puger,"Justru dari Alun-alun Utara ini wisatawan dipandu serta diterangkan sejarahnya Alun alun juga kedua pohon beringin. Selanjutnya bisa dipaparkan sejarah Bangsal Sasana Sumewa Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, dilanjutkan.asuk Sitihinggil Lor dengan berbagai cerita sejarahnya, terus jalan menuju Kori Brojonolo Lor, bisa berfoto sejenak di Kamandungan yang selanjutnya masuk Museum Keraton. Silakan kalau mau dilanjutkan ke Sitihinggil Kidul dengan Alun alun Kidulnya," tutur KGPH Puger mengakhiri wawancaranya dengan GUGAT news.com. # Yan 1 


                    &&&&&&&&&&&&&

Makanku Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini 

Thanks for reading Semrawutnya Sasana Sumewa Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS