Guru Senbud SMP 3 Colomadu Terus Ajarkan Siswanya Berapresiasi Karya Lukis

Agustus 10, 2022
Rabu, 10 Agustus 2022


Joko Maryono,SPd guru mapel Seni dan Budaya SMP 3 Colomadu, Karanganyar.

GUGAT news.com KARANGANYAR

Gelar karya lukisan yang digelar Solo Artos 2 – 7 Agustus 2022 di Taman budaya Jawa Tengah, Solo, rupanya tidak hanya dikunjungi masyarakat seni atau pencinta seni, namun ternyata siswa- siswi sekolah SMP Negeri 3 Colomadu sempat memenuhi di gedung pameran. 


Joko Maryono sambut orangtua wali  murid disekitar lokasi pameran

Penjaga stanpun mengakui kebanyakan pengunjung para pelajar adalah dari SMPN 3 Colomadu, Karanganyar seperti pada hari Sabtu 6 Agustus 2022 ada 150 siswa dari sekolah tersebut berkunjung di Pameran.


Beberapa siswa SMPN 3 Colomadu  sedang mengamati karya lukis yang dipamerkan.

Dalam kesempatan itu, GUGAT news  sempat terkecoh oleh seorang remaja yang melihat karya lukis yang dipamerkan dengan serius sekali. Alfian remaja tersebut Ternyata mengakui kalau dirinya hanya siswa SMPN 3 Colomadu bukan Mahasiswa. 


Kedatangan Alfian bersama tiga temannya di pameran lukisan saat itu katanya karena tugas sekolah dari Gurunya seni Budaya. “ saya harus buat laporan dan menulis apa yang ada disini serta memberi kesan dari karya yang dilihat," ujarnya.

Sehingga dari peristiwa ini yang menjadi menarik, adalah antusiasnya para siswa mengikuti kegiatan seni di TBJ saat itu. Minggu 7 Agustus 2022 pukul 11.00 WIB. 


Saat itu disela-sela kunjungan pameran 
lukisan Solo Artos GUGAT news berhasil menemui Guru Mapel seni Budaya
SMPN 3 Colomadu, Karanganyar yang saat itu menemani siswa siswinya. 

Berbincang bincang dengannya dirinya mengakui kalau ia bernama Joko 
Maryono, SPd (58) sebagai guru Mapel Seni Budaya di SMPN 3 Colomadu, 
Karanganyar.


Makanku Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini 

Dan menurut Joko Maryono, kalau dirinya mempunyai tanggung 
jawab moral didalam dunia pendidikan seni, kebetulan materi pameran jadi 
anak didiknya diwajibkan melihat pameran selain itu anak didiknya juga wajib pameran di sekolah dalam setiap setahun sekali. 


Joko menambahkan lagi, belajar berapresiasi itu sangat penting sekali karena agar para siswa ini bisa 
tumbuh jiwa seninya sehingga pada akhirnya bisa menghargai karya seni dan harapannya menjadi muncul bakatnya untuk ikut melukis atau malah jadi seniman.

Rupanya siswa siswi SMP 3 Colomadu yang berkunjung di lokasi pameran
terlihat bisa menikmati serta merasa senang dengan dunia barunya . Joko 
Maryono menambahkan lagi, kalau anak-anak didiknya sangat senang karena sekalian hiburan. Beberapa anak memang diantarkan orangtuanya ke lokasi pameran.


Kali Pepe Land Destinasi wisata terbaru di Boyolali Selatan Bandara Adi Soemarmo Solo 

Diakhir perbincangannya dengan joko Maryono kembali mengatakan, "Kalau karya lukisnya yang diberi judul belenggu dibeli Joko Widodo yang waktu itu jadi Walikota." ujarnya.

Sehingga dari cerita pengalamannya, ternyata Joko Maryono tidak hanya seorang guru mapel Seni dan Budaya melainkan juga pelaku seni dan penggiat seni di Solo . 


Hal yang patut diapresiasi bagi Joko Maryono, adalah bisa memposisikan saat menjadi seniman, penggiat seni dan Guru mapel seni budaya. Sehingga Tidak mengherankan lagi, ketika GUGAT news bertanya pada salah satu siswanya, dikatakannya kalau Joko Maryono merupakan guru seni tapi tegas sekali. Guru yang seniman. #Naskah dan foto: Taufik / Yan 1.















Thanks for reading Guru Senbud SMP 3 Colomadu Terus Ajarkan Siswanya Berapresiasi Karya Lukis | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS