Gusti Puger : Jahe Banyak Membawa Manfaat

Oktober 18, 2022
Selasa, 18 Oktober 2022

 

Kanjeng Gusti Pangeran Haryo ( KGPH) Puger tengah menikmati wedang jahe

GUGAT news. com SOLO

Pagi itu, Selasa (18/10/2022) suasana angkringan, wedangan Plengeh yang ada di Kampoeng Batik Laweyan, tampak meriah dengan ramainya puluhan pengunjung memenuhi dingklik atau kursi kayu di depan gerobak angkringan. Bukan hanya itu saja, puluhan beragam jenis menu makanan tradisional juga tersaji di meja Pos Ronda yang ada di sebelah Utara angkringan. Pastinya, sajian yang telah dipesan tamu yang berada di Pos Siskamling Kampoeng Batik Laweyan Solo itu.

Sepertinya tidaklah mengherankan lagi, jika suasana pagi itu Wedangan Gus Plengeh tampak ramai sekali pembeli, pasalnya saat itu ada salah satu pengunjung yang cukup populer di Kota Solo. Ya, siapa lagi kalau bukan bangsawan yang sekaligus budayawan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang sangat merakyat juga merupakan salah satu Putra Ndalem Sinuhun Paku Buwono XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang juga adik kandung Sinuhun Paku Buwono XIII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang bertahta sekarang ini, beliau adalah Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Puger.


"Memang saya sering mampir ke Wedangan Gus Plengeh Laweyan ini, masalah nya setelah selesai dari takjiyah ke makam istri, Raden Ayu (RAy) Puger terus mampir Ngombe, minum. Nah, di sinilah di Wedangan Gus Plengeh ini, wedang jahe cukup mantep. Sekaligus saya akan menjabarkan tentang manfaat jahe bagi kesehatan tubuh manusia," terang KGPH Puger.

Selain banyak rempah rempah, dikatakan Gusti Puger, panggilan akrab KGPH Puger yang juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk diantaranya Jahe. Pastinya, merupakan kabar gembira bagi mereka penderita Diabetes Mellitus (DM) akan tanaman jahe ini. "Bukan hanya bagi penderita DM saja, melainkan banyak orang yang diuntungkan dengan rempah-rempah berwujud jahe ini. Selain bumbu masak juga berguna sekali bagi kesehatan tubuh kita," terangnya.

Setidaknya, masih menurut penuturan Gusti Puger, ada beberapa fungsi bilamana rutin setiap hari mengkonsumsi jahe secukupnya. Bisa dipakai bumbunya masak dan dikunyah mentah dan pastinya akan lebih terasa nikmat saat dipakai untuk pembuatan wedang jahe untuk diminum. "Sehingga tak ada salahnya wedangan angkringan itu biasa menjajakan minuman wedang jahe. Banyak manfaatnya kepada peminum," urai Gusti Puger seraya tersenyum.

Setidaknya Jahe bisa membantu menurunkan berat badan, menjaga kesehatan jantung, mengatasi masuk angin, meredakan batuk dan pilek, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengatasi gejala nyeri, menjaga sistem pencernaan dan juga mampu mengatasi untuk nyeri otot. Bagi penderita DM, sangat membantu menurunkan kadar gula darah dalam darah.

"Mampu mengurangi rasa nyeri saat menstruasi, menurunkan kolesterol, memerangi kanker, mencegah penuaan dini, mengurangi resiko penyakit Al Zheimer, penurunan daya ingat dan kemampuan serta bisa menjaga kesehatan mulut sekaligus sebagai obat untuk diare. Setidaknya ada 15 manfaat jahe. Mungkin masih banyak lagi kegunaan dari Jahe," pungkas KGPH Puger. #Yani

Makanku Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini 

Kali Pepe Land Destinasi Wisata di Desa Banaran Gagaksipat Ngemplak Boyolali 










Thanks for reading Gusti Puger : Jahe Banyak Membawa Manfaat | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS