Melongok Sejenak Desa Trangsan Jelang Gerebeg Rotan Ke 5

Oktober 24, 2022
Senin, 24 Oktober 2022


Maskod Desa Trangsan sebagai Desa Wisata dan tampak beberapa orang menyiapkan gunungan

GUGAT news.com SUKOHARJO 

Tampak Gapura masuk Balai Desa Transan, Gatak, Sukoharjo hari itu Minggu 23 Oktober 2022 memang lain dari biasanya. Dipajang nya semua produk berbahan rotan atau penjalin menghias bergantungan di gapura dan sekitarnya. 


Gapura Balai Desa Trangsan, Gatak, Sukoharjo dihiasi mebel dari  kerajinan rotan

Beberapa orang mulai kelihatan telah mempersiapkan semacam gunungan yang berjumlah 5 buah. Juga sebuah panggung serta sedang disiapkan pula 
Grebeg Penjalin untuk tahun ini yang diharapkan sebagai kebangkitan lagi setelah dua tahun grebeg tidak diadakan karena pandemi Covid 19. 


Warga Slarong RT 04 RW 10 Trangsan, Gatak, Sukoharjo sedang siapkan karyanya untuk karnaval Grebeg Penjalin ke 5

Momentum kebersamaan dan kekompakan para pengrajin lokal ini harus menggeliatkan lagi pamor kerajinan rotan kepada masyarakat dan wisatawan yang biasa berkunjung dari berbagai daerah di tanah air. 


Menyiapkan 5 Gunungan untuk karnaval

"Pastinya ada rasa kebanggaan tersendiri ketika  menjadi warga Trangsan, sebagai Desa wisata dan mandiri," tutur Dibio, salah satu warga dukuh Slarong RT 04 RW 10, Desa Trangsan , kecamatan Gatak itu.


Dan Dibio menambahkan lagi, untuk karnaval tahun ini semua RT diwajibkan ikut menyengkuyung, berperan aktif.

Saat itu ditemui pula oleh GUGAT news, Pujianto warga Slarong RT 04 RW 10 perancang display karnaval yang saat itu bersama warga lainnya sedang mengecat bulu- bulunya dari sebuah patung seekor garuda berbahan bambu dan kertas. 


Menurutnya, baru pertama kali dukuh Slarong dari RT 04 RW 10 ini ikut karnaval. Pujianto menuturkan, " Sehingga kami akan berusaha maksimal untuk partisipasi Grebeg Penjalin tahun ini. Mudah-mudahan bisa terpilih terbaik dari para peserta karnaval karena dari Panitia akan memberikan kompensasi senila Rp. 1.500.000," paparnya.


Sehingga dari banner yang terpasang ditepi pintu masuk Balai Desa Trangsan tertulis “ Trangsanku, Rotanku, Bagi Negriku” itu tema Grebeg Penjalin tahun ini. 


Rupanya Semua kegiatan Grebeg Penjalin terpusat di Balai Desa, seperti pameran karya seni kerajinan rotan, selain itu akan dimeriahkan juga  Bazar Kuliner, Pasar malam, Workshop, Sharing Industri, Wayang kulit, Senam sehat, Live music dan ada lomba Mewarnai. 


Grebeg Penjalin atau rotan akan nantinya akan berlangsung dari tanggal 27 – 30 Oktober 2022 dimulai pagi hari sekitar pukul 10.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB. # Taufik/ Yani.


Makanku Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini 


Kali Pepe Land Destinasi Wisata di Desa Banaran Gagaksipat Ngemplak Boyolali 

















Thanks for reading Melongok Sejenak Desa Trangsan Jelang Gerebeg Rotan Ke 5 | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS