FKIP UNS Seni Rupa D 3 Alumni 1989 Rencanakan Pameran Lukisan

November 11, 2022
Jumat, 11 November 2022

Suratno, SPd, M.Pd salah satu Alumni FKIP-UNS D3 Seni Rupa Sekarang menjadi Kepala Taman Budaya Jawa Tengah. 

GUGAT news.com SOLO

Sepertinya belakangan ini geliat kegiatan seni lukis, tampaknya di wilayah Solo Raya semakin semarak. Hal ini bisa dilihat dari event yang silih berganti dari berbentuk art market, festival atau pameran.  


Ketua Panitia Reuni Alumni  tahun 1989 FKIP-UNS Seni Rupa Diploma 3  Akir Nuryono

Rupanya situasi ini menggugah pikiran ketua Reuni alumnus angkatan tahun 89 dari Diploma 3 FKIP-UNS Seni Rupa, Akir Nuryono ( 58 th ) yang berencana mengadakan Reuni sambil berkarya. 


Alumnus yang masih setia melukis bernama Joko Prasetyo  sekarang seniman senior di Solo merangkap Disainer Tekstil

Pemikiran ini sebenarnya berawal dari Adiati Putri,  salah satu anggota Perupa Bunga Rumput yang sesama alumnus. 
Akir Nuryono mengakui jika prestasi para alumus boleh dibilang sangat membanggakan, meskipun berawal dari Diploma 3 namun banyak yang sudah meneruskan S1 bahkan ada yang S2.


      Foto bareng Saat Reuni Alumni 2017

Hal itu juga termasuk banyak berprofesi Guru seni disekolah serta menjadi pelaku seni. Meski saat ini para alumnus sudah masuk usia senja, Akir Nuryono mengajak mengaktifkan lagi dunia seni Rupa agar bisa mewarnai hidupnya. 

Yang tidak aktif melukis harus mulai  berkarya lagi  dengan karya seni. Biarlah nanti masyarakat yang berapresiasi dengan karya yang dipamerkan. 


"Jangan takut baik dan jeleknya karya lukis  hasilnya. Tentang judul kegiatan kali ini menjadi Aksi Bersama Berkumpul dan Berkarya." tutur Nuryono.


Ditambahkan Nuryono, bilamana semua alumnus harus berkarya seni lukis berukuran 70 x 80cm  atau maksimal 1 m. Karya bebas nanti tidak ada ikatan atau membatasi berkarya. 


Masih menurut penuturan Nuryono, Minimal karya akan dipersiapkan untuk pameran harus ada ada kuota 40 karya lukis. "Nantinya pameran rencana tiga hari yamg dimeriahkan berbagai kegiatan dan lomba Mewarnai dan Menggambar," urai Nuryono. 


Bahkan, lanjut Nuryono, ada Pelatihan juga  serta hiburan musik yang pastinya nanti semua keluarga besar alumnus akan terlibat sehingga menjadi sebuah kebersamaan.


Makanku Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini 

"Untuk  tempat pameran, Insya Allah di Taman Budaya Jawa Tengah Kentingan, Surakarta." jelas Nuryono.

Bagi Akir Nuryono tentang tempat bukan sebuah kesulitan karena kebetulan Kepala TBJ saat ini dipegang oleh  alumnus D3 Suratno S.Pd, MPd. 


Mungkin dalam bulan ini para Panitia kecil ini akan berkesempatan menemui beliau, Suratno,SPd, MPd. Diharapkan semua alumnus turut mendukung kegiatan ini  agar bisa sukses. 


Masih menurut Akir, sebagai puncak para alumnus untuk berbuat, berkarya sebagai sebuah pengabdian masyarakat diusia senjanya ini, sekaligus meninggalkan nama harum bagi para alumnus termasuk nama Perguruan Tinggi. 

“ Kita tunggu saja yang pasti kegiatan ini masuk tahun 2023, " pungkas Akir Nuryono dengan senyum. # Taufik / Yani 


Kali Pepe Land Destinasi Wisata di Desa Banaran Gagaksipat Ngemplak Boyolali 

























Thanks for reading FKIP UNS Seni Rupa D 3 Alumni 1989 Rencanakan Pameran Lukisan | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS