Kurikulum Merdeka Diterapkan Di SMKN 9 Solo Sebagai Kegiatannya Gelar Karya Lukis Siswa

Desember 09, 2022
Jumat, 09 Desember 2022


Kepala Sekolah SMKN 9 Surakarta  Triman,SPd, MSi membuka pameran lukisan karya siswa jurusan seni Runi Rupa.

GUGAT news.com SOLO

Kamis 8 Desember 2022 Bengkel Seni Rupa  milik SMKN 9 Surakarta, hari itu tampak dipenuhi oleh puluhan karya siswa dari kelas X Seni Rupa yang menempel di beberapa sketsel. 


Suasana pameran di bengkel Seni Rupa SMKN 9 Surakarta

Rupanya hari itu para siswa kelas Seni Rupa  sedang belajar bentuk kegiatannya sebagai dasar dasar Produktif berupa pameran lukisan. Setidaknya ada 33 siswa sebagai pesertanya, dimana satu siswa mengeluarkan 2 karyanya, dengan tema karya yang telah ditentukan hanya seputar flora dan fauna.

Disebabkan karya mereka masih seputar tugas sekolah semester I, begitu info dari wali kelas X Seni Rupa Wahyu Nur Aini,SPd .


Kaprodi Seni Rupa Agung Prastyo, SPd, SHum , Ketpala Bengkel Drs.Dwi Suseno dan wali kelas x Seni Rupa Wahyu Nur Aini , SPd didepak karya siswa

Layaknya Pameran Lukisan umumnya, pada kegiatan pamer pagi itu ada pembukaan yang dibuka oleh Kepala Sekolah SMKN 9 Surakarta,  Triman,SPd, MSi , sambutan dan tamu undangan untuk orangtua wali siswanya jadi ga dihadirkan.

Dan para siswapun tampak sangat senang, karena kegiatan ini sangat memotivasi  sekaligus ada pembelajaran kegiatan pameran Lukisan dan dari persiapannya, menata ruang, mendisplay karya serta melatih sebuah kerja sama sebagai satu team work.


Siswa kelas X Seni Rupa berfoto di depan karya bersama Kepala Sekolah,  dan  Guru, serta perwakilan dari orang tua siswa

Kepala Program Keahlian Seni Rupa SMK 9 Surakarta, Agung Prasetyo, SPd,M.Hum menambahkan " Jika kegiatan pamer ini merupakan bentuk mengaplikasikan dari Kurikulum Merdeka yang menekankan belajar itu menyenangkan." ujarnya.

Untuk kegiatan Seni Rupa pagi ini, sebagai perdananya mengaplikasikan Kurikulum Merdeka yang nantinya juga dilakukan jurusan yang lain seperti Desain Tekstil, Desain Grafis, TataBoga, UDKV, TKJ . 


Pada kegiatan seperti ini, banyak sekali pembelajaran yang dirasakan bagi para siswanya, selain itu Karya maupun kegiatan ini nanti juga ada evaluasi untuk para siswa sebagai bagian tugas semester akhir yang akan diakhiri tgl 16 Desember 2022. 

"Perlu diketahui lagi, Untuk Evaluasi pada Kurikulum Merdeka penilaiannya tidak berupa angka tapi Deskripsi." urai Agung Prasetyo sambil menambahkan lagi kalau para siswa dari Seni Rupa SMK 9 Surakarta ini banyak sekali meraih Prestasi .


Tidak jauh dari ruang pamer ada ruang Galleri yang berisi puluhan lukisan karya para alumni SMKN 9 Surakarta. Karya-karya di Galleri itu juga tertata rapi menempel di sketsel sehingga para pengunjung bisa juga menikmati langsung.

Salah satu siswanya kelas X Seni Rupa bernama Angelia Maharani rupanya sangat dikenal para Seniman Rupa Solo Raya sebagai pelaku seni rupa. Remaja aktif  bahkan Angelia banyak dikenal remaja berprestasi, dunia Mural dan dunia seni lukis. 


Ditemui di ruang pamernya  mewakili siswa kelas X Seni Rupa,  Fransisca Angelia Cinta mengatakan kalau dirinya sangat bersyukur masuk SMKN 9 Surakarta, karena betul-betul cocok apa yang diharapkan seperti belajar melukis , berkarya seni , berbisnis seni  tetunya cita-cita Agelia juga ingin jadi Dosen Seni Rupa.

Mewakili teman-temannya Angelia berterima kasih sekali kepada Guru Pembimbing di kelas Seni Rupa SMKN 9 Surakarta yang telah membimbing dengan sabar. # Taufik / Yani


Kali Pepe Land Destinasi Wisata di Desa Banaran Gagaksipat Ngemplak Boyolali 









Thanks for reading Kurikulum Merdeka Diterapkan Di SMKN 9 Solo Sebagai Kegiatannya Gelar Karya Lukis Siswa | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS