Gegeran Keraton Gusti Puger Beberkan Dawuh Pangandikan Ndalem PB XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Januari 18, 2023
Rabu, 18 Januari 2023


 KGPH Puger salah satu Putra Ndalem Sinuhun Paku Buwono XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

GUGAT news.com SOLO

Ditemui di serambi Masjid Laweyan, masjid tertua di Kota Solo, beliau Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Puger, salah satu Putra Ndalem Sinuhun Paku Buwono XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang juga adik kandung Sinuhun Paku Buwono XIII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang bertahta sekarang ini mengaku prihatin dengan sikap dan perilaku Putra Putri Ndalem Sinuhun PB XII yang telah banyak melanggar Dawuh Pangandikan Ndalem PB XII. Yaitu Rukun.

 Kasunanan Surakarta Hadiningrat 

Saat itu, dikatakan Gusti Puger, panggilan akrab KGPH Puger di depan Putra Putri Ndalem, Sinuhun mengungkapkan akan Dawuh Pangandikan Ndalem nya, untuk selalu rukun satu dengan lainnya. Bukan hanya itu saja, ditegaskan pula untuk senantiasa rukun secara ikhlas lahir batin dan selamanya. Lebih ditandaskan lagi, bilamana hal itu dilanggarnya akan terjadi bencana di Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Utamanya Putra Putri Ndalem Sinuhun PB XII.

Makanku Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini 

Akan halnya bencana, lanjut Gusti Puger, bisa berupa wujud kasat mata maupun tidak. Bisa jadi, terjadi secara gaib. Sebagai misal, jatuh sakit berkepanjangan, hal ini yang merupakan bagian dari bencana yang bisa dilihatnya. Akan halnya yang tidak tampak, bisa terjadi adanya suasana hatinya yang selalu resah dan gelisah juga berkepanjangan. Setiap hari tiada jelas permasalahannya, selalu dihatui oleh rasa was-was, khawatir dan ketakutan.

"Dan itu semua telah terjadi baik terhadap keraton maupun Putra Putri Ndalem Sinuhun Paku Buwono XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Untuk keraton, bencananya terjadi dengan mulai rusaknya bangunan fisik di berbagai tempat. Sedangkan yang menimpa Putra Putri Ndalem, mulai banyak yang jatuh sakit berkepanjangan dan akhirnya meninggal dunia," jelas Gusti Puger.

       Jajanan pasar tradisional khas Solo 

Ayo, marilah, ajak Gusti Puger, mumpung bencana yang pernah diucapkan Sinuhun Paku Buwono XII tidak akan pernah terjadi dan menimpa kita semua bersegeralah sebagai Putra Putri Ndalem Sinuhun PB XII untuk segera islah, rujuk dan rukun sepenuhnya secara ikhlas. Hilangkan sikap egois yang mengutamakan kepentingan pribadi tersendiri dan kelompoknya melebur menjadi saudara seutuhnya sebagai Putra Putri Ndalem Sinuhun Paku Buwono XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Kali Pepe Land Destinasi Wisata di Desa Banaran Gagaksipat Ngemplak Boyolali 

"Kalau kerukunan itu semua sudah terjadi secara total dan ihklas, insyaallah bisa dipastikan lagi adanya musibah bencana yang pernah Dawuh Pangandikan Ndalem itu tidak akan pernah terjadi melainkan berubah menjadi toto titi tentrem kerta raharja ijo royo-royo subur makmur dan rukun selalu semuanya. Pastinya, Ridhlo Illahi Rab Gusti Kang Murbeng Dumadi Akaryo Jagad Allah SWT akan dilimpahkan kepada Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Insyaallah...!" tandas KGPH Puger. # Zah / Yani.









Thanks for reading Gegeran Keraton Gusti Puger Beberkan Dawuh Pangandikan Ndalem PB XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS