Sri Susuhunan Paku Buwono IX Beragama Kristen?

Januari 19, 2023
Kamis, 19 Januari 2023


 Sri Susuhunan Paku Buwono IX Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

GUGAT news.com. SUKOHARJO

Kepada GUGAT news.com, salah satu Putra Ndalem Sinuhun Paku Buwono XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang juga adik kandung Sinuhun Paku Buwono XIII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Puger, menampik tegas adanya suara suara yang kini tengah Viral di dunia medsos bilamana Sri Susuhunan Paku Buwono IX Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (1861-1893) beragam Kristen. "Tidak benar dan tidak mungkin!" tandasnya.

    Kasunanan Surakarta Hadiningrat 

Pastinya, tegas Gusti Puger, panggilan akrab KGPH Puger, kenapa tidak benar dan tidak mungkin? Dari Cikal Bakal nya Dinasti Mataram Islam saja yang diawali oleh Panembahan Senopati sebagai raja pertama sudah memeluk agama Islam dan menjadikan paugeran tersendiri yang harus dipatuhi oleh raja raja berikutnya yang Jumeneng Noto sebagai Sinuhun Paku Buwono. " Paugeran ini tidak bisa diganggu gugat, apalagi di rubah. Ini sangat tegas dan merupakan syarat utama dan tegas. Dinasti Mataram Islam, kesemuanya harus beragama Islam!" tegasnya.

     Jajanan pasar tradisional khas Solo 

Akan halnya dengan Sri Susuhunan Paku Buwono IX Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang dikenal sebagai Sinuhun Bangun Kedhaton lantaran kepedulian nya terhadap bangunan keraton dan sekaligus terus berbenah, sehingga dijulukilah sebagai Sinuhun Bangun Kedhaton. "PB IX putra dari PB VI dari Ratu Hemas yang semada kecilnya dikenal sebagai Raden Mas (RM) Suryo Duksino dan setelah besar sebagai Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Prabu Wijaya ini, saat taat sekali menjalankan ibadahnya," papar Gusti Puger.

Bisa jadi, yang belakangan ini marak dibicarakan di media sosial lantaran Sri Susuhunan Paku Buwono IX saat berfoto pada pada bagian dadanya tersemat kalung salib, simbol.ke Tuhan an bagi pemeluk agama selain Islam. "Itu sudah ratusan tahun yang lalu, mungkinkah itu foto dari hasil editan atau bagaimana sama sama kami kurang tahu. Yang pasti, paugeran tata cara hukum adat Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang bertahta harus dan wajib beragam Islam," papar Gusti Puger.

Makanku Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini 

Kembali di tegaskan oleh beliau Gusti Puger, bisa jadi hal itu semua wujud dari sikap toleransi Sri Susuhunan Paku Buwono IX terhadap pemberian penghargaan dari Paus, sebagai ucapan rasa terima kasih selaku seorang raja mampu mengayomi kerukunan antar umat beragama. "Alhamdulillah...sebagai leluhur, kami sangat yakin sekali jika beliau Sri Susuhunan Paku Buwono IX beragama Islam. Saya minta jangan digoreng goreng. Sekali lagi, Dinasti Mataram Islam beragama Islam," tandas KGPH Puger. # Zah/ Yan 1.

Kali Pepe Land Destinasi Wisata di Desa Banaran Gagaksipat Ngemplak Boyolali 







Thanks for reading Sri Susuhunan Paku Buwono IX Beragama Kristen? | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS