KGPH Puger : Keraton Bukan Milik Sinuhun PB XIII

Agustus 01, 2023
Selasa, 01 Agustus 2023

Kasunanan Surakarta Hadiningrat milik Dinasti Mataram Islam

GUGAT news.com SUKOHARJO

Ditemui di rumahnya di sekitar wilayah Gentan, Baki, Sukoharjo, salah satu Putra Ndalem Sinuhun Paku Buwono (PB) XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat beliau Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Puger, menegaskan jika keraton bukan milik Sinuhun Paku Buwono XIII melainkan milik Dinasti.

KGPH Puger Putra Ndalem Sinuhun PB XII 

"Dinasti dari  Sinuhun Paku Buwono II hingga sekarang ini, Sinuhun Paku Buwono XIII. Memang untuk lebih mudahnya, sekarang ini dari keluarga besar Putra Putri Ndalem Sinuhun Paku XII bisa menjadi wakil dari keseluruhan dinasti. Jadi ketika ada masalah, ya kudu, harus dirembug, dibahas bareng seluruh anak-anak PB XII, bukan hanya cukup Sinuhun PB XIII saja. Keraton ini milik Dinasti bukan milik Sinuhun PB XIII saja," tegas KGPH Puger.

Sehingga dalam masalah revitalisasi, lanjut Gusti Puger, panggilan akrab KGPH Puger, sudah seharusnyalah Sinuhun PB XIII tidak sendirian saja bersama timnya tanpa melibatkan dinasti atau setidaknya putra putri Ndalem Sinuhun PB XIII. Dalam hal ini, pemerintah atau Pemkot Kota Solo yang hendak merevitalisasi tidak bersalah, pihak keraton lah yang kurang bijaksana.

Kali Pepe Land Destinasi Wisata di Desa Gagaksipat Ngemplak Boyolali 

Memprihatinkan lagi, masih menurut penuturan Gust Puger, bukannya menyengkuyung bareng dengan dinasti Mataram Islam PB II-PB XIII yang dalam hal ini Putra Putri Ndalem Sinuhun PB XII malahan melibatkan orang lain masuk ke dalam struktur revitalisasi yang mewakili keraton. "Tanpa aku sebut siap orangnya, pasti kalian sudah tahu," jelas Gusti Puger.

Diharapkan Gusti Puger, sesuai pertemuan di Restauran Diamond beberapa tahun lalu, semua dinasti dilibatkan dari Sinuhun PB II hingga PB XII. Untuk mudahnya, semuanya Putra Putri Ndalem Sinuhun Paku Buwono XII dilibatkan. " Bagi yang bisa bekerja dipekerjakan sedangkan yang tidak bisa masuk di bagian pengawasan. Kalau bisa jalan, insyaallah semua bisa menerima dan keraton kembali kuncoro," pungkas KGPH Puger. #Yani








Thanks for reading KGPH Puger : Keraton Bukan Milik Sinuhun PB XIII | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS