Benteng Vastenburg Banyak Rusak Di Dalamnya

September 19, 2023
Selasa, 19 September 2023

    Benteng Vastenburg megah dar luarnya sepi di dalamnya. Foto : Yani

GUGAT news.com. SOLO

Ditegaskan oleh Kanjeng Pangeran (KP) Bambang Pradhoto Nagoro SH, advokad yang banyak menangani kasus cagar budaya ini, hanya satu satunya Bentengi Vastenburg inilah yang merupakan milik swasta perseorangan. Lain halnya bentang yang ada di luar Kota Solo, semacam Cilacap, Sulawesi dan masih banyak lainnya itu dikuadai oleh pemerintah setempat. Dalam hal ini Bupati, Walikota atau gubernur.

Menariknya lagi, masih menurut penuturan Kanjeng Bambang, panggilan akrab KP Bambang Pradhoto Nagoro SH, bukan hanya dimiliki oleh swasta perorangan saja, melainkan banyak orang. Ada beberapa orang pengusaha yang telah menguasai Bentengi Vastenburg ini. " Bisa jadi, karena banyaknya pemilik, sehingga ada beberapa bangunan yang rusak atau mungkin malahan dirusak!"  tegas Kanjeng Bambang.

Dahulunya, beberapa tahun belum lama ini, lanjut Kanjeng Bambang, bukan hanya tembok Beteng Vastenburg saja dan pintu utama, melainkan masih ada banyak bangunan lain yang masih asli. Seperti barak keprajuritan. ' Selain pernah dipakai markas tentara Belanda, juga pernah dipergunakan sebagai tangsi militer TNI AD. Sayangnya, bangunan barak itu kini semuanya rusak sudah rata dengan tanah," ujar Bambang. #Yan


 

Thanks for reading Benteng Vastenburg Banyak Rusak Di Dalamnya | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS