Gusti Mung Dampingi Bupati Boyolali Gunting Untaian Melati Saparan Sebar Apem Kukus Keong Emas

September 16, 2023
Sabtu, 16 September 2023


 Bupati Boyolali Muhammad Saed Hidayat bersama istri didampingi Gusti Mung (paling kiri) saat gunting untaian melati. Foto: Yani

GUGAT news.com BOYOLALI

Selesai memberikan sambutannya yang sekaligus menceritakan sejarah adanya kegiatan tradisi tahunan perayaan Sebar Apem Kukus Keong Emas di Pengging, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Wandansari Koes Moertiyah yang akrab disapa Gusti Mung ini berkenan mendampingi Bupati Boyolali Muhammad Saed Hidayat bersama istri untuk menggunting untaian melati pembuka acara.

Bukan Gusti Mung saja yang berkenan mendampingi Bupati Muhammad Saed Hidayat melainkan ada GKR Koes Indriyah serta GKR Timur Rumbai Putri Ndalem Sinuhun Paku Buwono XIII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat di Pendopo Kecamatan Banyudono.

Selesai pemotongan untaian melati, acara dilanjutkan kirab budaya Sebar Apem Kukus Keong Emas menuju Halaman Masjid Cipto Mulyo peninggalan Sinuhun Paku Buwono X Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat untuk mendoakan keberkahan apem yang hendak di sebar ke masyarakat.

Diawali dengan kirab cucuk lampah, barisan terdepan serombongan Kebo Bule yang selanjutnya disusul oleh Prajurit Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dengan Devile Drumband Keraton. Iringan Gunungan Apem Kukus Keong Emas yang ditandu oleh beberapa orang abdi dalem dibantu warga masyarakat setempat. 

Susul menyusul barisan ulama, Hadrah, paskibra dan dari beberapa sekolah menengah atas yang ada di wilayah Kabupaten Boyolali. Bahkan untuk memeriahkan acara, serombongan reog Ponorogo pun turut berbaris yang sambil sesekali berjoget gaya reog Ponorogo an.

Untuk kirab dari Pendopo Kecamatan Banyudono menuju Pengging, rombongan pejabat Boyolali tanpa terkecuali dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dengan menaiki kereta kuda. Tak pelak, rombongan dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat senantiasa mendapatkan aplous tersendiri dari warga yang membanjiri sepanjang jalan.

Begitu rombongan arak arakan Sebar Apem Kukus Keong Emas tiba di tetad Masjid Cipto Mulyo, suasana semakin meriah. Warga sudah tidak sabar lagi untuk berebut berkah Apem Kukus Keong Emas. Usai di doakan, tak pelak warga yang sudah memenuhi halaman Masjid Agung Cipto Mulyo pun saling berebut berkah Apem Kukus Keong Emas. #Yanim



Thanks for reading Gusti Mung Dampingi Bupati Boyolali Gunting Untaian Melati Saparan Sebar Apem Kukus Keong Emas | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS