Gusti Mung Sambut Baik ETNA Ke Keraton

September 21, 2023
Kamis, 21 September 2023


 Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat siap menerima kegiatan budaya apa saja

GUGAT news.com SOLO

Adanya wisata kebugaran yang berkenan masuk ke dalam lingkungan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang pastinya berpeluang mendatangkan keuntungan besar jika dikelola secara baik dan benar, disambut baik pula oleh Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Wandansari Koes Moertiyah.

Ditegaskan oleh Gusti Mung, sapaan akrab GKR Wandansari Koes Moertiyah, memang sekalipun baru saja masuk ke Keraton, Ethnowellness Nusantara (ETNA) setelah Malaysia, Singapura dan Thailand, bukan berarti Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat termasuk ketinggalan terkait wisata kebugaran.

"Begitu ada keinginan ETNA masuk keraton, ya langsung kami terima kami sambut dengan baik. Langsung saja keraton membuka untuk masuknya ETNA sekaligus langsung memperkenalkan dirinya serta segera menggarap potensi pengembangan Wellness Tourism atau wisata kebugaran. Sumonggo!" ujar Gusti Mung.

Sedangkan menurut penuturan Tanri Abeng, Ketua ETNA, tidak hanya fisiknya saja yang sehat melainkan perlu juga sehat mental, spiritual dan emosional sekaligus sosial. "Hal itu komprehensif sekali termasuk kaitannya dengan kearifan lokal yang ada di keraton!"

ETNA lanjut Tanri Abeng pihaknya sangat siap dan tidak perlu diragukan lagi untuk mempromosikan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ke luar negeri dengan segala potensinya.

Bukan tanpa alasan, bilamana Tanri Abeng berkemauan demikian, pasalnya Keraton senantiasa menjaga kearifan lokal termasuk racikan jamu serta metode penyembuhan secara tradisional. "Keunggulan tersendiri yang bisa dimanfaatkan sebagai pengembangan wisata kebugaran," terangnya.

"Tidak perlu diomongkan lagi, jelas Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat memiliki potensi sangat besar untuk pengembangan wisata kebugaran. Keraton kalau dirawat secara serius pastinya banyak memiliki potensi. Apalagi keraton (1745) sudah ada jauh ratusan tahun silam sebelum negeri ini merdeka. Sehingga keraton lebih dahulu sajikan apa yang dibutuhkan negara!" tegas GKR Wandansari Koes Moertiyah. #Yani

Thanks for reading Gusti Mung Sambut Baik ETNA Ke Keraton | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS