KP Bambang Pradhoto Nagoro: Jangan "Bermain" Dengan Pasir Laut Kidul Saat Revitalisasi Alun alun Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

September 05, 2023
Selasa, 05 September 2023


       KP Bambang Pradhoto Nagoro SH

GUGAT news.com SOLO

Ditemui di rumahnya di Baluwarti Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang sekaligus merupakan kantor advokatnya Kanjeng Pangeran ( KP) Bambang Pradhoto Nagoro SH, pengacara yang banyak menangani kasus cagar budaya serta sebagai pengamat budaya ini mengungkapkan, bilamana nantinya pemenang lelang revitalisasi Alun Alun Kidul dan Lor Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat jangan pernah gegabah, waspada dan perlu hati-hati.

"Menurut rencana, baik Alun alun Kidul juga Lor Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat pada rerumputan yang sudah rusak dan kering itu, akan diganti dengan urugan asli pasir putih lembut dari Pantai Selatan. Yang menjadikan masalah, semoga pemenang lelang tidak akan gegabah berani berbuat curang. Mencampur pasir laut selatan dengan pasir Merapi atau pasir Pantura. Hindari permainan nakal ini kalau tidak ingin halad!" tandas KP Bambang Pradhoto Nagoro SH.

Ditambahkan Kanjeng Bambang, panggilan akrab KP Bambang Pradhoto Nagoro SH ini, janganlah "bermain main" dengan revitalisasi Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, pastinya kalau tidak ingin halad, naas, sial, apes terjadi pada saat pengerjaan atau bahkan sebelum memulai revitalisasi. Baik itu kepada karyawan, teknisi ataupun yang lainnya.

"Sumonggo, silakan saja percaya atau tidak percaya untuk urusan dengan keraton, sebaiknya sebagai orang luar perlunya menghargai, menghormati apa yang sudah menjadi peraturan tradisi masuk wilayah keraton. Jangan pernah ditinggakan untuk selalu mengalungkan atau diikatkan pada leher sebuah kain Samir merah kuning sebagai tanda pengenal. Mohon ijin, Kulo nuwun telah memasuki area keraton," terang Kanjeng Bambang.

Kembali menyoal pasir putih lembut dari Pantai Selatan, masih menurut penuturan Kanjeng Bambang, sudahkah pemenang lelang mengantongi ijin untuk mengambil ribuan bahkan jutaan kubik pasir di sepanjang laut selatan dari Keraton Kasunanan Surakarta, Kasultanan Ngayogyakarta serta TNI Angkatan Laut ? Pastinya hal ini perlu sekali.

 "Jangan sekali kali berani mencampuri pasir putih lembut dari Pantai Selatan ini dengan jenis pasir dari manapun, termasuk pasir hitam Gunung Merapi ataupun pasir laut dari Pantai Utara. Ini yang perlu diutamakan, sehingga perlu adanya surat ijin Sinuhun PB XIII, Ngarso Ndalem Jogjakarta dan Dinas TNI Angkatan Laut," jelas Kanjeng Bambang kembali mengingatkan pentingnya keaslian dari pasir laut selatan.

Diakhir perbincangannya dengan GUGAT news.com, Kanjeng Bambang menegaskan revitalisasi Alun Alun Kidul dan Lor Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat tidak akan pernah tertunda dan sesuai jadwal yang tidak bersinggungan dengan Sekatenan 9 September sampai 8 Oktober. Semuanya berjalan sesuai prosedur. " Dana yang dianggarkan 36 Milyar, khusus revitalisasi Alun Alun Kidul dan Lor," pungkasnya. #Yani.


Thanks for reading KP Bambang Pradhoto Nagoro: Jangan "Bermain" Dengan Pasir Laut Kidul Saat Revitalisasi Alun alun Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS