Plasenta, Ari Ari KRA Sosronagoro Dikuburkan Diantara Hotel dan Mall

Oktober 23, 2023
Senin, 23 Oktober 2023


 Dibawah cungkup ini Plasenta KRA Sosronagoro dikubur. Foto : Yani

GUGAT news.com SOLO

Sepertinya tidak banyak orang mengetahui jika diantara bangunan gedung mewah hotel sekaligus Paragon mall ini ada peninggalan heritage bersejarah bernilai tinggi. Kuburan dari Plasenta, Ari Ari milik Kanjeng Raden Adipati (KRA) Sosronagoro, Patih Ndalem Sinuhun Paku Buwono (PB) IX Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Tepatnya berada di sebelah timur hotel dan selatan Paragon mall yang ada di Kampung Mangkubumen, Banjarsari, Solo. Suasananya tampak sepi, namun demikian pemandangan kanan kiri yang hanya batas tembok setinggi 2 meteran tersebut menjadikan bersihnya lokasi.

GPH Puger, Putra Ndalem Sinuhun Paku Buwono XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Foto : Yani

Hanya saja panas matahari jika siang hari langsung menyengat. Pun demikian, manakala malam hari suasana Tempak hening. Sehingga bagus untuk laki spiritual. Enaknya lagi, pintu lorong masuk ke kuburan Plasenta, Ari Ari selalu ramai orang yang tengah angkringan hingga dini hari.

"Kebanyakan peziarah yang datang dari berbagai kota di luar Solo, justru padaami  malam hari. Ramainya pada Selasa dan Jumat Kliwon. Sebelum masuk ke lokasi kuburan Plasenta, Ari Ari KRA Sosronagoro yang kami tidak tahu maksud dan tujuannya, makan minum di Wedangan depan," tutur Yanto (45) warga Mangkubumen.

Kepada GUGAT news.com, Gusti Pangeran Haryo (GPH) Puger, salah satu Putra Ndalem Sinuhun Paku Buwono (PB) XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, mengungkapkan jika KRA Sosronagoro itu merupakan Patih yang pilih tanding. Cerdas, wibawa dan sangat tegas sekali sehingga cukup disegani banyak orang.

Maksudnya, masih menurut penuturan Gusti Puger, panggilan akrab GPH Puger, jangankan lingkungan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, mereka para kaum kolonialis Belanda saja sering dibuatnya ketakutan. "Bukan hanya cerdas saja, melainkan pembawaannya sangat tegas dan pemberani. Pantas kalau Belanda sering dibuatnya ketakutan dalam segalanya," paparnya.

Bisa jadi, lanjut Gusti Puger, KRA Sosronagoro yang terlahir pada 1811-1897 ini lahirnya di Kampung Mangkubumen. Pasalnya, berdasarkan perhitungan adat Jawa, kuburan Plasenta atau Ari Ari itu tak jauh dari rumahnya. Biasanya ada di depan rumah, sebelah selatan pintu masuk.

"Untuk pemakaman jasadnya, dimakamkan di daerah Desa, Manang, Grogol, Sukoharjo, sekitar 5-6 km ke arah selatan dari Mangkubumen. Beliau ini, ahli strategi berperang !" pungkas GPH Puger. #Yani









Thanks for reading Plasenta, Ari Ari KRA Sosronagoro Dikuburkan Diantara Hotel dan Mall | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS