Prasasti Tugu Lilin Pajang Meleleh

Oktober 01, 2023
Minggu, 01 Oktober 2023


 Prasasti tak tertulis Tugu Lilin Pajang kini "meleleh". Foto : Yani

GUGAT news.com SUKOHARJO

Tugu Lilin Pajang, Solo atau juga populer disebut Tugu Lilin Makamhaji, Kartasura , Sukoharjo setelah ratusan tahun silam berdiri tegak membelah tiga jalan raya yang ada di wilayah Pajang, Solo dan Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo yang setidaknya merupakan prasasti tidak tertulis ini, kini "meleleh" dan roboh pecah menjadi 3 bagian.

    Tugu Lilin Pajang Solo atau Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo yang saat masih utuh. Foto : Yani

Konon, keberadaan Tugu Lilin ini usianya sudah lebih dari 500 tahun, pasalnya keberadaannya sejaman dengan berdirinya Keraton Kasultanan Pajang abad 15 silam yang populer dengan Rajanya Sultan Hadiwijaya atau Mas Karebet dan lebih populer dengan sebutan Joko Tingkir. "Saya sendiri dari sejak kecil sudah melihat adanya Tugu Lilin Pajang, kini data berusia 70 tahun, " cerita Endang, warga Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo.

Adalah Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Puger, salah satu Putra Ndalem Sinuhun Paku Buwono XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, bisa jadi keberadaan Tugu Lilin Pajang atau Makamhaji itu sepadan dengan Kasultanan Pajang atau bisa juga Keraton Kartasura Hadiningrat, abad 16. "Mungkin juga jaman Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat sekitar abad 17," cerita KGPH Puger yang kini berusia 68 tahun.

Yang pasti, sekarang ini keberadaan Tugu Lilin Pajang Solo atau Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo sebagai penanda atau ancer-ancer untuk alamat sudah sulit. Pasalnya, keberadaan Tugu Lilin sudah "mencair, meleleh" roboh menjadi 3 bagian. "Saat ini saya bingung kalau mau ngancer anceri alamat rumah yang Tugu Lilin ke selatan, lha tugu nya sudah tidak ada," ujar Seno, warga Gentan, Baki, Sukoharjo.

Itu semuanya tidak terlepas dari insiden beberapa hari lalu, menabraknya mobil truck pengangkut ratusan ayam yang langsung merobohkan Tugu Lilin menjadi hancur 3 bagian. Bahkan besi melingkar sebagai pengaman pun juga rusak di tabrak truk tersebut. "Semoga saja ada kepedulian dari Pemkab Sukoharjo, Pemkot Solo dan Propinsi," harap Seno. #Yani

Thanks for reading Prasasti Tugu Lilin Pajang Meleleh | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS