Bangsal Wisomarto Ilhami Pos Jaga TNI-POLRI

November 02, 2023
Kamis, 02 November 2023


 Bangsal Wisomarto Kori Brojonolo Lor

GUGAT news.com SOLO 

Bangsal Wisomarto Kori Brojonolo Lor ini hanya ada satu satunya dari Kori Brojonolo Wetan, Kidul dan Kulon ( timur, selatan dari barat) Bangsal Wisomarto kiwo dan tengen ( kiri dan kanan) baik di dalam Beteng Baluwarti maupun di luar Beteng Baluwarti. Jadi ada 4 bangsal atau ruangan.

Untuk Kori Brojonolo Kidul, hanya ada dua Bangsal di dalam Beteng Baluwarti. Akan halnya Kori Brojonolo Wetan dan Kulon, sama sekali tidak ada bangsal nya. Baik yang di luar maupun di dalam Beteng Baluwarti. Hanya Kori Brojonolo Wetan dan Kulon saja.

"Sehingga keberadaan dari Kori Brojonolo Lor ini, bisa jadi yang mengilhami baik TNI-POLRI atau yang belakangan ini juga dibuat oleh instansi pemerintah dan swasta. Artinya, adanya bangunan gardu atau pos penjagaan yang sekarang ini terilhami dari Kori Brojonolo Lor," terang Gusti Pangeran Haryo (GPH) Puger.

Masih menurut penuturan Gusti Puger, panggilan akrab GPH Puger, Putra Ndalem Sinuhun Paku Buwono XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ini, bagaimana tidak mengilhami atau setidaknya dicontoh dan ditiru, pasalnya Kori Brojonolo Lor dibangun semasa Paku Buwono (PB) III Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Kepindahan dari Keraton Kartasura Hadiningrat Sinuhun PB II ke Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ini tahun 1745. Begitu Sinuhun Paku Buwono III tahun 1700 dibangunlah Kori Brojonolo Lor dan Kidul. Setidaknya usianya sudah lebih dari 200 tahun.

"Sedangkan keberadaan dan berdirinya secara resmi baik itu TNI-POLRI baru setelah negeri ini ada, Indonesia dan merdeka pada tahun 1945. Belum ada TNI-POLRI pun Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat sudah memiliki prajurit perang dan keamanan keraton." jelas Gusti Puger.

Akan halnya Benteng Vastenburg yang dibuat oleh Belanda dan keberadaannya untuk mengamati sekaligus mengawasi Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang ada tidak jauh dari Keraton, juga ada bangsal pos penjagaan. Padahal, lebih dahulu dibangun Kori Brojonolo Lor dan Kidul daripada Benteng Vastenburg.

Cukup beralasan bukan? Lanjut Gusti Puger, manakala keberadaan Pos Jaga TNI-POLRI dan instansi pemerintah dan swasta itu terilhami oleh adanya bangunan Kori Brojonolo Lor dan Kidul Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (1745) lebih tua 10 tahun dari Kasultanan Ngayogyakarta (1755).

Yang jelas, lanjut Gusti Puger lagi, kalau mau jujur, andil dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ini terhadap berdirinya sekaligus merdeka nya negeri ini, cukup besar sekali peranan nya. Baik dari Sinuhun Paku Buwono II Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat hingga Sinuhun PB XII. #Yani


Thanks for reading Bangsal Wisomarto Ilhami Pos Jaga TNI-POLRI | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS