Kori Brojonolo Keraton Kasunanan Banyak Mendatangkan rejeki

November 01, 2023
Rabu, 01 November 2023

Kori Brojonolo Lor Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Sinuhun PB III

GUGAT news.com SOLO

Kori, adalah bermakna pintu sebutan khusus dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Sehingga masalah Kori ini, Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat memiliki 4 Kori. Brojonolo Lor, Wetan, Kidul dan Kulon ( Utara, Timur, Selatan dan Barat). 

Khusus untuk Kori Brojonolo Lor dan Kidul dibangun oleh Sinuhun Paku Buwono (PB) III Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, beberapa tahun setelah kepindahannya dari Keraton Kartasura Hadiningrat Sinuhun PB II (1745).

Sedangkan untuk Kori Brojonolo Wetan dan Kulon, didirikan oleh Sinuhun PB X (1866-1939). Bisa jadi, saat itu oleh Sinuhun PB X dimaksudkan untuk mempermudah akses keluar masuk ke keraton. Sehingga tembok Beteng Baluwarti baik dari sisi Timur dan Barat, dijebol untuk pembangunan Kori Brojonolo Wetan dan Kulon.

Sehingga sedikit ada perbedaan Kori Brojonolo Lor dan Kidul terhadap Kori Brojonolo Wetan dan Kulon. Artinya, baik Kori Brojonolo Lor dan Kidul Sinuhun PB III tahun pembuatannya sama dan kondisinya pun juga sama.

Kori keduanya lebih lebar dari Kori Brojonolo Wetan dan Kulon. Keduanya memiliki bangsal, ruangan penjagaan baik di luar maupun di dalam Kori. Namun tidaklah demikian dengan Kori Brojonolo Wetan dan Kulon. Tidak ada ruangannya untuk penjaga dan hanya berupa pintu saja.

Menariknya, Kori Brojonolo ini banyak mendatangkan rejeki tersendiri bagi warga Baluwarti. Khususnya Kori Brojonolo Lor dan Kulon. Kesemuanya tidak terlepas dari ramainya lali lintas. Untuk Kori Brojonolo Wetan dan Kidul ini, kurang begitu Rama lalu lalang lalu lintas. Tidaklah seperti Kori Brojonolo Lor dan Kulon. Padat lalu lintas.

Maksudnya, baik Kori Brojonolo Lor dan Kulon ini, lantaran padatnya arus lalulintas, sehingga untuk memperlancar jalannya kendaraan agar tidak macet, diaturlah oleh seseorang warga Baluwarti. Arus lalu lintas pun lancar. Untuk pengatur lalu lintas atau Supektas pembantu Polisi lalu lintas, dikerjaksnlah oleh warga Baluwarti.

Adalah Pak Ogah sebutan Suoeltas tersebut. Nah, disinilah rejeki dari Gusti Kang Murbeng Dumadi Akaryo Jagad, Allah SWT mulai muncul kepada dua Suoeltas yang ada di Kori Brojonolo Lor dan Kulon, rejeki mengalir. Saat mengatur kemacetan, memberikan jalan pengemudi mobil, tak jarang mereka menerima uang jasa memberikan jalan dan tidak macet. #Yani.


Thanks for reading Kori Brojonolo Keraton Kasunanan Banyak Mendatangkan rejeki | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS