Solo Tidak Ada Klitih

Oktober 31, 2023
Selasa, 31 Oktober 2023


 Kapolres Solo, Kombespol Iwan Sektiadi

GUGAT news.com SOLO

Belakangan ini, adanya informasi seputar tentang aksi klitih tengah marak di media sosial (medsos), tidsk terkecuali di Kota Solo. Kapolresta Solo Kombes Iwan Saktiadi mengatakan pihaknya juga menerima banyak informasi itu. Begini hasil penyelidikannya.

Iwan menjelaskan, informasi terakhir yang diterima Polresta Solo, yaitu pada Sabtu (28/10) malam. Saat itu beredar kabar ada aksi klitih di Kota Solo di sekitar sisi timur yang berbatasan dengan wilayah Kabupaten Karanganyar. Bagaimana faktanya?

"Saat kami cek dengan perangkat desa setempat di mana informasi tersebut dimunculkan, juga tidak ada," kata Iwan kepada awak media, Senin (30/10/2023).

Pihaknya juga melakukan konfirmasi dan klarifikasi atas isu yang masuk. Menurutnya, dari pesan soal klitih di Kota Solo yang beredar, tidak ada yang bisa dipertanggungjawabkan akan kebenaran peristiwa nya.

"Sampai saat ini semua informasi yang kami dalami, yang masuk melalui direct message maupun yang bersliweran di medsos, kami cek secara random ataupun kami direct ke akun yang mengupload, sampai saat ini tidak ada faktanya. Yang mengunggah mengenai berita-berita isu kejahatan jalanan atau yang sering dinamakan dengan klitih, sampai saat ini saya nyatakan tidak ada di Solo," ungkap Iwan.

Selain mengecek informasi yang beredar di media sosial, Iwan menjelaskan memang pihaknya juga banyak mendapatkan laporan tentang aksi klitih. Namun dari laporan langsung yang diberikan, masih diragukan kebenarannya.

"Ada laporan bahwa yang bersangkutan mempunyai pengalaman a b c d, saat kami konfirmasi dalam pemeriksaan tidak ada fakta yang bisa mendukung, dan yang melapor tidak bisa membuktikan terlibat atau jadi korban (klitih)," jelasnya.

Kendati demikian, langkah preventif terus dilakukan. Patroli secara terbuka dan tertutup terus dilakukan jajaran Polresta Solo, pastinya dimaksudkan guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga masyarakat Kota Solo khususnya, kepada yang berkunjung ke Solo umumnya.

Selain itu, pemantauan lewat kamera CCTV juga terus dilakukan. Iwan menuturkan, ada 225 titik CCTV yang terpasang di Kota Solo.

Iwan mengimbau kepada masyarakat yang melihat langsung atau menjadi korban kejahatan jalanan agar segera melaporkan ke kepolisian terdekat.

"Hingga saat ini saya sampaikan Solo dalam keadaan aman. Ini murni hoaks (soal klitih), semua yang mereka unggah, bahkan yang berlaporan langsung, tidak ada faktanya," pungkas Iwan.#Yan


Thanks for reading Solo Tidak Ada Klitih | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS