Bekas Makam Ki Gede Solo Masih Ramai Diziarahi

Desember 01, 2023
Jumat, 01 Desember 2023


 Bekas Makam Ki Gede Solo di Sitihinggil Lor Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

GUGAT news.com SOLO

Begitu pintu pagar Sitihinggil Lor Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat kembali dibuka oleh beliau Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Wandansari Koes Moertiyah sebagai Ketua Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, kembali peziarah ke bekas makam Ki Gede Solo mulai berdatangan.

Beberapa bulan lalu, memang keberadaan pintu pagar Sitihinggil Lor Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ditutup rapat oleh beliau Sinuhun Paku Buwono (PB) X dengan alasan yang tidak jelas. Belakangan, kembali dibuka oleh GKR Wandansari Koes Moertiyah sebagai akses masuk ke Museum Keraton.

Sehingga dengan kembalinya dibuka pintu pagar Sitihinggil Lor, mulai sedikit demi sedikit pengunjung yang hendak berziarah, tabur bunga di bekas makam Ki Gede Solo mulai banyak berdatangan. Pasalnya, keberadaan dari makam Ki Gede Solo ini sebelum dipindahkan ke samping timur Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat atau wilayah Mloyokusuman, ada di Sitihinggil Lor.

Tepatnya berada di pojok atau barat laut Sitihinggil Lor, di bawah pohon Mangga Lengis. Keberadaannya bekas makam tokoh masyarakat sekaligus penguasa Desa Solo yang tanahnya dibeli oleh Sinuhun Paku Buwono (PB) II Keraton Kartasura Hadiningrat ini sangat sederhana sekali. Hanya tumpukan batu batu hitam berukuran besar. Namun, tampak rapi dan bersih.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun GUGATnews, untuk acara ngalap berkah di bekas makam Ki Gede Solo pada malam hari, belum bisa. Pasalnya, pintu pagar akan ditutup sesuai dengan jadwal jam tutupnya Museum Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, sekitar pukul 08.00-15.00 WIB. #Yani.

Thanks for reading Bekas Makam Ki Gede Solo Masih Ramai Diziarahi | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS