LDA Gelar Sadranan Leluhur Ki Ageng Henis

Februari 13, 2024
Selasa, 13 Februari 2024


 GKR Koes Indriyah salah satu Putri Ndalem Sinuhun Paku Buwono ( PB) XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Foto : Yani

GUGAT news.com SOLO

Bulan Ruwah (Jawa) sudah tiba, bulan yang penuh berkah dan bagus sekali dipergunakan untuk ziarah kubur, Sadranan mendoakan bagi keluarga yang sudah mendahului ke hadirat Allah SWT. Tidak terkecuali Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

"Kalau mereka para raja raja Kerajaan Dinasti Mataram Islam, khususnya Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, begitu jatuh tanggal 1 Ruwah, Sinuhun memerintahkan kepada abdi dalem hingga Sentana Ndalem untuk melakukan Sadranan, ziarah kubur ke makam leluhur. Sebulan kemudian puasa di Bulan Ramadhan," jelas GKR Wandansari Koes Moertiyah.

Dijelaskan Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Wandansari Koes Moertiyah yang selaku Ketua Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat yang sekaligus merupakan salah satu Putri Ndalem Sinuhun PB XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, setelah Sinuhun amanahkan untuk melakukan Sadranan, baru yang lainnya boleh melakukan Sadranan ziarah kubur yang digelar pada setiap bulan Ruwah.

Seperti pagi ini, Selasa (13/2) kami dari rombongan putra putri Ndalem Sinuhun PB XII, Sentana Ndalem, Kerabat Ndalem hingga abdi dalem yang tergabung di LDA melakukan Sadranan ziarah ke makam leluhur. Kali pertama ke Pasareyan Ki Ageng Henis yang ada di Laweyan sebagai cikal bakal berdirinya Kerajaan Dinasti Mataram Islam.

 Panembahan Senopati, Kota Gede, Sultan Agung Hanyokrokusumo Plered, Bantul dan juga Kerto Bantul, PB II Keraton Kartasura Hadiningrat hongg Sinuhun PB XIII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ini. Setelah selesai Sadranan ziarah kubur ke makam leluhur Ki Ageng Henis, Laweyan , Solo, dilanjutkan ke Pengging, Boyolali.

Di Pengging, Boyolali ini, lanjut Gusti Mung, panggilan akrab GKR Wandansari Koes Moertiyah ada banyak makam leluhur. Namun ada yang lebih utama yaitu, Pengging Sepuh, Handayaninhrat sekaligus ke Pasareyan Eyang Yosodipuro. Selesai itu, barulah dilanjutkan ke Makam Imogiri. Makam Sultan Agung Hanyokrokusumo juga PB II hingga PB XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat serta Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. #Yani

Thanks for reading LDA Gelar Sadranan Leluhur Ki Ageng Henis | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS