Sadranan Kerabat Ndalem Keraton Kartasura Hadiningrat

Februari 29, 2024
Kamis, 29 Februari 2024


 Di Bangsal Keraton Kartasura Hadiningrat dimulai Sadranan, tilik kubur leluhur. Foto ; Yani

GUGAT news.cpm SUKOHARJO 

Ditemui di sela-sela kegiatan acara Sadranan, tilik kubur atau ziarah kubur ke leluhur trah Dinasti Mataram Islam Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat sekaligus Keraton Kartasura Hadiningrat, Raden Surodjo selaku penggiat budaya dan Kerabat Ndalem Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat mengungkapkan jika setiap tahun bulan Ruwah (Jawa) atau Syakban (Hijriyah) digelar ritual sakral Sadranan.

"Sadranan atau tilik kubur sekaligus ziarah kubur ke makam leluhur pendiri Dinasti Mataram Islam, bisa dipastikan lagi selalu digelar oleh Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat serta trah dari Keraton Kartasura Hadiningrat. Sadranan merupakan silaturahmi nyambung Paseduluran, persaudaraan yang sudah lama tidak pernah saling bertemu,"  jelas Raden Surodjo.

Sedangkan tilik kubur, lanjut Raden Surodjo, membersihkan kotoran atau rumput rumput yang ada di sekitar area makam. Ziarah kubur ke leluhur, pastinya mendoakan kepada Gusti Kang Murbeng Dumadi Akaryo Jagad Allah SWT terhadap leluhur yang telah mendahului menghadap ke hadirat Ilahi agar amal ibadahnya semasa hidupnya diterima.

Sadranan, masih menurut penuturan Raden Surodjo, dimulai dari pembacaan doa doa tahlil. Dari Surat Alfatihah, Surat Yasin, bacaan tasbih, tahmid dan takbir dilanjutkan dengan doa tahlil dengan kalimat tauhid laa illaha Illa Allah dan sekaligus doa sapu jagad, Robbana Aatina.... ditutup kembali dengan bacaan surat Al Fatihah.

Bertempat di Bangsal peninggalan Keraton Kartasura Hadiningrat, bacaan tahlil dikumandangkannya secara bersamaan dengan ahli waris Dinasti Mataram Islam yang saat ini, Kamis (29/2) tidak kurang dari 100 yang hadir. Bahkan tampak hadir Muspida Kecamatan Kartasura. Camat dan Lurah berikut perangkatnya.

Selesai dari kegiatan Umbul Donga, acara dilanjutkan dengan makan bersama Sego gurih, nasi liwet. Tak lama kemudian dilanjutkan dengan ziarah kubur ke makam leluhur sendiri sendiri. Diutamakan sebelumnya melakukan ziarah kubur ke pusara makam Bendoro Raden Ayu Adipati Sudah Mirah. Salah satu isteri selir dari Sinuhun Paku Buwono (PB) IX Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. # Yani


Thanks for reading Sadranan Kerabat Ndalem Keraton Kartasura Hadiningrat | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS