Benarkah Pasar Gembreng Kabangan Peninggalan Jaka Tingkir...?

Maret 29, 2024
Jumat, 29 Maret 2024


 Pasar Gembreng Kabangan ada di Sondakan bukan Laweyan. Foto : Yani

GUGAT news.com SOLO

Bisa jadi nama Kampung Kidul Pasar yang ada di Kalurahan Laweyan itu berkaitan dengan Pasar tradisional Kabangan. Hal itu ditilik dari lokasi sekaligus sebutannya. Artinya, Kidul Pasar atau Selatan Pasar, padahal harusnya lokasi di sebelah Utara dari Kidul Pasar itu harus ada bekas bekas peninggalan wujud bangunan pasar. Anehnya, tidak ada sama sekali.

Setidaknya, sedikit saja pastinya tersisihkan bekas bekasnya, namun suasana di sebelah Utara dari Kampung Kidul Pasar, padat hunian rumah penduduk. Bisa jadi yang dimaksud pasarnya, yaitu tadi Pasar tradisional Kabangan yang kini berubah menjadi Pasar Gembreng Kabangan. Dari semenjak tahun 2004, Pasar Tradisional Kabangan berganti menjadi Pasar Gembreng Kabangan.

" Dari semenjak tahun 2004 yang saat itu walikota Surakarta adalah H Slamet Suryanto, Pasar Tradisional Kabangan direhab menjadi Pasar Gembreng Kabangan hingga sekarang ini. Saya sendiri berkerja sebagai pembuat peralatan rumah tangga ya sudah 20 tahun lalu, bareng dengan di bukanya Pasar Gembreng Kabangan ini," terang Sudarmo.

Sebelum tahun 2004, pada waktu itu Pasar Kabangan merupakan pasar tradisional yang biasa menjajakan kebutuhan dapur dan masakan, sekaligus kebutuhan sembako. Memang ada pula sedikit pedagang buah buahan dan pakaian anak anak serta baju orangtua. Bahkan ada kios daging sapi, kerbau, kambing dan ayam. Kini, kesemuanya itu sudah berlalu berubah menjadi Pasar Gembreng Kabangan.

Dengan berubahnya menjadi Pasar Gembreng Kabangan, bisa dipastikan lagi nilai historis sudah hilang. Memang, masih ada sedikit sisa sisa nilai sejarah dari Pasar Tradisional Kabangan, yaitu bangunan kecil berupa musholla yang ada di sebelah paling barat, berbatasan dengan jalan kampung Sondakan. Selain bangunan musholla, seperti nya sudah tidak ada lainnya peninggalan Pasar Tradisional Kabangan.

Bisa jadi, bahkan dalam waktu dekat ini nilai sejarah Pasar Tradisional Kabangan yang berganti menjadi Pasar Gembreng Kabangan akan hilang pula. Pasalnya, nanti begitu Pasar Milenia Jongke yang ada di Kalurahan Pajang sudah selesai pembangunannya, Pasar Gembreng Kabangan akan dipindahkan ke Pasar Jongke, 500 meter dari Pasar Gembreng Kabangan ke arah barat.

Kabarnya, bekas Pasar Gembreng Kabangan akan beralih fungsi menjadi taman perparkiran untuk Kampung Batik Laweyan dan Kampung Batik Sondakan. Pastinya, semakin hilangnya heritage Pasar Tradisional Kabangan yang ditengarai merupakan bagian warisan leluhur heritage dari sejarah peninggalan Kerajaan Pajang dengan Rajanya Sultan Hadiwijaya atau Mas Karebet yang populer dengan sebutan Joko Tingkir. Nah!. #Vin.

Thanks for reading Benarkah Pasar Gembreng Kabangan Peninggalan Jaka Tingkir...? | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS