Dampak Revitalisasi Alun alun Keraton Terhadap Pedagangnya

Maret 08, 2024
Jumat, 08 Maret 2024


 Revitalisasi Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat di Alun alun Kidul. Foto: Yani

GUGAT news.com SOLO

Kamis siang (7/3) suasananya Alun alun Kidul Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat tidaklah seperti biasanya, sepi kegiatan lalu lintas sekaligus kulineran bisa dihitung dengan jari. Tidaklah seperti biasanya, ramai lalu lintas dan pedagang. Hanya tampak lalu lalang mereka para pekerja bangunan yang tengah mengerjakan revitalisasi.

Pedagang kuliner, yang ada tidak kurang ratusan jumlahnya itu, kini jadi ga ada dan bisa dihitung dengan jari. Dari mainan anak anak serta warung makan keluarga sudah tak bisa dijumpai lagi. Separuh dari jalan yang mengelilingi Alun alun ditutup. Sehingga tidak mengherankan lagi lalu lalang lalu lintas serta pedagang pun sepi.

Sambil sesekali minum kopi di angkringan yang masih berjualan di pinggir Alun alun, GUGAT news pun melakukan investigasinya kepada mereka yang makan dan minum. Ternyata, mereka pembeli itu merupakan bagian pemilik warung yang tergusur lantaran dampak revitalisasi. Ada sekitar 10 orang yang ada di angkringan.

Dari pembicaraan tersebut, intinya mereka pada ketakutan nantinya apa masih diperbolehkan berdagang? Masalahnya, sekarang ini dari ratusan pedagang kuliner, mainan anak anak sampai rekreasi untuk kulineran keluarga saja sudah tidak ada. Separuh jalan yang ada di pinggiran Alun alun Kidul sudah ditutup untuk direvitalisasi.

"Kami sudah menganggur beberapa hari, kalaupun dipaksakan untuk nekat berjualan di sebelah barat Alun alun ya sama saja sepi pembeli dan merugi setiap hari. Semoga saja ada solusinya, dipindahkan ke mana kami mau daripada harus pulang kampung," terang ibu penjual angkringan yang takut menyebutkan namanya.

Puluhan mungkin ratusan pedagang kaki lima yang biasa mangkal di Alun alun Kidul itu hanya bisa berharap agar pihak yang berwenang segera memberikan alternatif jalan keluarnya. Bisa dari pihak keraton, Pemkot, perdagangan ataupun dinas pariwisata atau yang terkait.

"Mau dipindahkan ke mana saja kami mau sampai selesainya revitalisasi. Syukur nantinya setelah selesai revitalisasi bisa dikembalikan ke Alun-alun Kidul dengan semacam adanya persyaratan yang lebih tegas demi menjaga keindahan Alun alun Kidul," ujar pedagang kuliner yang turut "rapat" sambil wedangan. #Yani


Thanks for reading Dampak Revitalisasi Alun alun Keraton Terhadap Pedagangnya | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS