Gusti Puger: Nama Roti Ganep Itu Pemberian PB X

April 23, 2024
Selasa, 23 April 2024


 GPH Puger di hari ulangtahun ke 143 Roti Kecik Ganep. Foto : Yani

GUGAT news.com SOLO 

Begitu salah satu Putra Ndalem Sinuhun Paku Buwono (PB) XII Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, adalah Gusti Pangeran Haryo ( GPH) Puger tiba dan langsung masuk ke dalam toko roti legendaris itu, Roti Kecik Ganep yang kebetulan pada saat itu telah merayakan hari ulang tahunnya yang ke 143, disambut langsung oleh pemiliknya yang mengaku masih merupakan kerabat Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat PB X.

Gusti Puger, panggilan akrab GPH Puger pun sempat terpana , kagum dengan penuturan dari turun tumurun keluarga Sue Liek Nio tentang sejarah Roti Kecik Ganep. Merupakan cemilan yang terbuat dari 100% beras ketan dengan proses disangrai dan ditambahkan sedikit gula pasir dan telur ayam, sehingga menjadikan rendah kadar kolesterol, pastinya tanpa bahan kimia tambahan.

Gusti Puger pun turut menambah, kenapa harus disebut dengan Roti Kecik? " Itu semua di ilhami dari adanya puluhan tanaman sawo Kecik yang banyak tumbuh di halaman Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Termasuk masalah nama Ganep. Resep asli yang dimiliki oleh PT Aue Liek Nio atau yang dikenal sebagai Nyah Ganep itu pemberian sebutan dari Sinuhun PB X Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat sekitar tahun 1881," jelas Gusti Puger.

Sekarang ini yang menjadikan fakta adalah roti Kecik yang cukup legendaris itu bukanlah nama generik, barang seperti roti Marie, Bakpia, Donat, Bolu dan lainnya melainkan roti Kecik adalah sebuah merek dagang yang telah terdaftar secara resmi pada Dirjen HAKI. Dan kesemuanya upaya dilakukan untuk menjunjung tinggi nilai warisan leluhur bukan sekedar sebuah bisnis. #A.A.Yani.

Thanks for reading Gusti Puger: Nama Roti Ganep Itu Pemberian PB X | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS