Oh.... Purwosari Plasa

Desember 29, 2019
Minggu, 29 Desember 2019
Purwosari Plasa di era tahun 1990 an, satu satunya pusat perbelanjaan yang menjadi kebanggaan tersendiri bagi Warga Kota Solo.  Foto : Dok online.
----------------------------------------------------
Gugat86.com. Solo. Boleh jadi, bagi mereka yang terlahir pada tahun 1990 an tidak akan pernah mengetahuinya jika Aston, hotel berbintang lima yang ada di jalan Slamet Riyadi, Purwosari, Sondakan, Laweyan, Solo, berdiri megah di atas tanah bekas pusat perbelanjaan yang menjadi kebanggaan masyarakat Solo. Purwosari Plasa.
     Ya, Purwosari Plasa pada saat itu benar-benar menjadikan nilai lebih bagi orang Solo. Pusat perbelanjaan yang sekaligus menjadi kegiatan wisata. Berbelanja kebutuhan pokok sambil berwisata dengan Mickey Mouse ya. Bukan hanya ibu rumahtangga saja yang dimanjakan, kebutuhan setiap harinya bagi bapak pun lengkap.
     Bukan hanya itu saja, suami isteri berbelanja, anak anakpun bisa ceria bahagia dengan permainan yang disediakan Toko Serba Ada (Toserba) Mickey Mouse. Benar benar, warga Solo saat itu dibuatnya nyaman. "Sayangnya, kegiatan itu tidak berlangsung lama. Sekitar 5 tahun, Purwosari Plasa dengan Mickey Mouse nya bangkrut," papar Muji, mantan penjaga keamanan Purwosari Plasa saat itu.
     Masih menurut Muji, begitu Purwosari Plasa tutup, tak berapa lama ganti dengan manajemen baru. Namapun dirubahnya menjadi Super Ekonomi (SE). Sayangnya, SE juga tidak mampu bertahan lama, lagi lagi bangkrut dan tutup. Sekitar tahun 1996, bekas bangunan gedung Purwosari Plasa pun kembali sunyi. "Bangunan pun mulai banyak yang rusak. Gedung sebesar itu bak layaknya rumah hantu. Sunyi senyap, gelap gulita. Angker lagi," tandas Muji serius.
     Kembali diungkapkan Muji, tragisnya lagi, bersamaan dengan peristiwa kerusuhan Mei 1998, bekas bangunan gedung Purwosari Plasa dibakar oleh massa. Habis sudah riwayat pusat perbelanjaan yang menjadi kebanggaan masyarakat Solo itu, luluh lantak. "Alhamdulillah...meski saya sudah tidak dipekerjakan di sana lagi, saya bangga kini Purwosari Plasa menjadi hotel dan pertokoan yang lebih megah. Semoga tidak bangkrut lagi," harap Muji seraya tersenyum. ( Yan 1 )


Thanks for reading Oh.... Purwosari Plasa | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS