Kajian Saat Duha Ustadz Ipmawan M Iqbal. : DEKAT

Mei 13, 2020
Rabu, 13 Mei 2020






  DEKAT

Ramadhan adlh waktu terbaik utk bertaqarrub kepada Allah. Kata _taqarrub_ berasal dari akar kata qaruba (قرب) artinya dekat, adapun kata taqarrub dalam bahasa Arab berarti mendekat. Jadi _Taqarrub ilallah_ berarti mendekatkan diri kepada Allah. Mendekatnya seorang hamba kepada Tuhannya adalah hal yg sangat disukai olehNYA.

Allah memberikan ‘peluang’ kpd kita utk mendekat kepada-Nya karena hakekatnya Ia sudah dekat dgn hamba-Nya.
”Dan apabila hamba-2Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah) bahwasannya Aku dekat, Aku mengabulkan permohonan orang yg berdoa apabila berdoa kepada-Ku”
(terj. QS al-Baqarah 186).
"Dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya sendiri” (terj. QS Qaaf 16).

Kedekatan itu bukan semata dekatnya ukuran mata memandang. Akan tetapi, sejauhmana hati ini mampu merasakanNYA. Dekat itu pekerjaan hati. Dekat dengan Allah menjadikan hati kita merasakan indahnya kebersamaan bersamaNYA.

Tuhan telah perintahkan kita utk mendekatkan diri dg mencari jalanNYA (lihat QS alMaidah; 35). Tafsir Ibnu Katsir menjelaskan yg dimaksud "jalanNYA" adlh melakukan ketaatan kepadaNYA dengan berbuat amal saleh yg diridhoiNYA.

Maksud "alWasilah", jalan mendekatiNYA menurut Syaikh Prof. Dr. Wahbah azZuhaili dlm Tafsir AlWajiz adlh
mencintai dijalan-Nya dan mencintainya karenaNYA, hadir rasa takut yg dipenuhi pengharapan kembali kepadaNYA, dan tawakal, juga melaksanakan SyariahNYA yg terkait dgn diri, seperti zakat, haji, shalat, banyak berdzikir, banyak membaca, dan berbuat baik kepada makhluk dengan ilmu, harta, kedudukan, dan tenaga yg dimilikinya serta terus menyampaikan nasihat kebaikan kpd hamba2NYA.

Semoga adanya musibah Covid 19 ini, menjelang sepertiga akhir Ramadhan kita bisa lebih lebih mendekat kepada Allah sesuai jalanNYA. "Dan sujudlah dan dekatkanlah (dirimu kepada Allah)." (terj QS al'Alaq : 19).
Insya Allah doa2 yg kita panjatkan akan dikabulkanNYA. Amiin.

Allahu a'lamu bishowab.

*Solo*,11 Mei 2020/

Ust H Ipmawan M Iqbal_

Thanks for reading Kajian Saat Duha Ustadz Ipmawan M Iqbal. : DEKAT | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS