Kembali Warga Terdampak Covid-19 Akan Terima Sembako Dari Pemkot Solo

Mei 09, 2020
Sabtu, 09 Mei 2020
Ir Ahyani MA, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Solo.
-----------------------------------------------GUGAT86.com. Surakarta. Demikian diungkapkan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Solo, Ir Ahyani MA, kepada awak media di Balai Kota, Rabu (6/5/2020). " Bantuan tahap kali keduanya ini, tidak hanya menyasar bagi warga ber KTP Solo saja, melainkan bagi yang tinggal dan bekerja di Solo sekalipun tidak ber KTP Solo, kita akan beri Sembako," jelas Ahyani sambil menambahkan jika bantuan Sembako sebelumnya telah dialokasikan awal April lalu.

Bukan tanpa alasan, bila bantuan Sembako kali kedua ini menyasar pula kepada warga yang bukan ber KTP Solo. Masalah ini, Pemkot Kota Surakarta hanya ingin memenuhi apa yang menjadi usulan oleh organisasi dimana mereka para pekerja itu bernaung serta RT atau RW dimana mereka tinggal. Termasuk keluarga pra sejahtera yang sebelumnya tidak memperoleh bantuan pada tahap pertama.

Untuk sementara ini, jelas Ahyani, ada dua organisasi yang mengusulkan untuk perolehan Sembako karyawannya. Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) dan Perhimpunan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI), jumlah kali tahap kedua ini tidak kurang mencapai 7000 Sembako. Sudah termasuk mereka yang bukan ber KTP Solo. " Kami data karyawan hotel dan restoran serta karyawan pabrik yang dirumahkan juga di PHK, namun masih tinggal di Solo untuk bisa mendapatkan bantuan Sembako."

Masih menurut penuturan Ahyani, Sekretaris Daerah (Sekda) Solo yang sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Solo, dari hasil evaluasi penyaluran tahap pertama, masih ada penerima Bantuan Pemerintah Non Tunai ( BPNT) yang dobel mendapatkan bantuan dari Pemkot. Sehingga untuk tahap kedua ini, dicoret dari daftar berdasarkan uji publik yang dilakukan RT dan RW. Selanjutnya bantuan dialihkan kepada mereka yang belum memperoleh bantuan sosial apapun.

"Sebenarnya cukup disayangkan, sudah tahu dan pernah menerima BPNT, namun masih saja menerima bantuan dari Pemkot. Alasannya, lha wong dikasih mosok tidak mau. Kali ini RT dan RW serta Lurah sudah mulai uji publik Sistem informasi Kesejahteraan Elektronik (SIK El). Sehingga tahap kali keduanya ini tidak bisa lagi dobel karena namanya bisa dicoret," tegas Ahyani.

Dengan adanya tambahan 7000 nama, total Pemkot akan menyalurkan Sembako nya sebanyak 47.000 paket. Penyaluran, tetap dengan cara sebelumnya. Langsung ke rumah rumah supaya tepat sasaran. Dan menghindari penumpukan massa. " Isi bantuan 10 kg beras, gula, kecap, mie instan, teh dan minyak goreng serta sarden. Dulu yang pertama memang ada telurnya, kini digantikan sarden,"pungkas Ahyani. # N1NG/ Yan1.

         -----081325995968-----




Thanks for reading Kembali Warga Terdampak Covid-19 Akan Terima Sembako Dari Pemkot Solo | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS