Seniman Solo Terima Paket Sembako Dari Walikota Solo

Mei 30, 2020
Sabtu, 30 Mei 2020


Tidak kurang 200 paket Sembako dari Presiden Ir H Joko Widodo diserahkan kepada Seniman Solo melalui Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo di rumah dinas Loji Gandrung.
--------------------------------------------------GUGAT86.com. SURAKARTA.
Sebanyak 200 paket sembako bantuan Presiden RI diserahkan Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo kepada ratusan seniman di Solo Raya yang terdampak Covid-19 di rumah dinas Walikota Solo "Loji Gandrung", di Jalan Slamet Riyadi, Solo, Jumat (29/5/2020). 

Paket bantuan itu diserahkan ke seniman dalam tajuk "Seniman ODP (Ora Duwe Penghasilan) Sambat ke Walikota Solo" yang diisi dengan acara tari, lawak dan nyanyi.

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo mengatakan, awalnya dirinya sempat sungkan dan jaga rasa ( menjaga perasaan) seniman yang termasuk kelas menengah kok dibantu sembako. "Namun setelah ketemu dengan tokoh-tokoh seniman yang menceriterakan mereka terdampak Covid-19 tidak bisa pentas, akhirnya disepakati digelar acara Seniman Sambat seperti ini," ujar Walikota Solo yang berupaya membantu seniman Solo dengan mengupayakan ke Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Mereka para seniman berharap agar mengijinkan Taman Budaya Jawa Tengah yang lokasinya di Solo dapat dipergunakan oleh seniman secara gratis untuk menambah penghasilan pekerja seni yang tidak bisa pentas selama pandemi Corona.

Dalam kesempatan itu, Rudy mengatakan bila pihaknya merasa ikut empati kepada para pekerja seni, apalagi semenjak adanya pandemi Covid-19, yang biasanya seniman ada order job pentas, bahkan hingga pekan syawalan di sejumlah tempat wisata di Jurug, Solo yang biasanya melibatkan sejumlah seniman , dan bisa menyedot ribuan penonton juga tidak bisa digelar karena pandemi Corona. 

"Seniman yang biasanya tampil menghibur, kali ini tidak ada order sehingga mereka mengambil tabungan untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari.
Sementara yang tidak memiliki tabungan terpaksa menjual barang berharga miliknya," papar Rudi, sapaan akrab Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo berempati pada nasib pekerja seni yang terpuruk karena pandemi Corona.

Sementara itu, beberapa seniman seperti Wawan 'Teamlo' membenarkan nasib pekerja seni terpuruk karena tidak bisa pentas juga sepi order. "Kami seniman itu masuk kategori pasien "ODP" bukan orang dalam pemantauan, tapi Ora Duwe Penghasilan," ujar Wawan "Teamlo" tertawa memplesetkan arti ODP.

Wawan menyatakan terima kasihnya kepada Presiden Jokowi dan Walikota Solo yang peduli terhadap nasib seniman. " Kami berharap pageblug Corona dapat ditanggulangi, situasi kembali normal, seniman dapat pentas kembali, dan mandiri seperti sebelum ada Corona," ujarnya.# DJ4r/ Yan 1.
----081325995968------




Thanks for reading Seniman Solo Terima Paket Sembako Dari Walikota Solo | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS