Bisa Jadi Kalurahan Sondakan Terbaik Dalam Membagikan BST

Juni 15, 2020
Senin, 15 Juni 2020

Prasetyo Utomo Kepala Kalurahan Sondakan, Laweyan, Solo. Foto : Yan 1.
-------------------------------------------------
GUGAT86.com. SURAKARTA. Bisa jadi, Kalurahan Sondakan, Kecamatan Laweyan, Solo, ini merupakan salah satu diantara 54 Kalurahan yang ada di Kota Solo yang cukup representatif dalam pendistribusian Bantuan Sosial Tunai (BST)  kepada warganya. Artinya, selain pelaksanaan berjalan lancar, komunikatif, aman dan nyaman, protokoler kesehatan Covid19 diterapkan secara bagus, profesional. Baik cuci tangan, pengukuran suhu, masker, sosial distancing serta physical distancing terlaksana dengan baik. " Bahkan kami sediakan minuman air mineral dan sedikit jajanan pasar," terang Kepala Kalurahan Sondakan, Prasetyo Utomo sambil tersenyum.

Ditambahkan orang nomor satu di Kampung Sondakan itu, jika kali pertama bulan lalu, Mei, mereka yang berhak menerima dana BST dari Kementerian Sosial ( Kemensos), sebanyak 803 warga terdampak wabah Virus Corona (Covid-19), belakangan ada usulan dari beberapa RT, akhirnya pada bulan Juni ada penambahan 202 warga terdampak. "Alhamdulillah... usulan dari RT yang selanjutnya kami serahkan ke Dinsos Kota Solo, disetujui. Bulan Juni menjadi 1005 warga yang berhak menerima BST,"ujar Prasetyo Utomo. Senin (15/6/2020) siang.

Masih menurut penuturan Pak Utomo, sapaan akrab Lurah Prasetyo Utomo, dari jumlah keseluruhan 51 RT dari 15 RW, untuk tahap bulan ke dua dan warganya yang berhak menerima dana BST sebesar Rp 600 ribu/KK ada 1005 orang.
 Bisa jadi, bulan depan tidak menutup kemungkinan ada penambahan lagi. Bukan tanpa alasan Lurah Utomo mengatakan itu semua. Pasalnya, di sela sela wawancara di ruang kerjanya, ada beberapa tamu ibu ibu yang hendak mengajukan permohonan dana BST. 

" Ketentuan diterima tidaknya susulan permintaan BST bukan wewenang kalurahan, melainkan Kemensos melalui Dinas Sosial Kota Surakarta. Usulan warga yang terdampak wabah Virus Corona (Covid-19), dari pengantar surat keterangan RT, foto kopi KTP dan KK, dibawa ke Kalurahan. Barulah segera dilanjutkan ke Dinsos Kota Surakarta yang akan diteruskan ke Kemensos. Diloloskan tidaknya bukan wewenang kami serta kapan disetujui pihak kalurahan juga tidak tahu. Semua keputusan ada di Kemensos dilanjutkan Dinas Sosial setempat," jelas Lurah Utomo, panjang lebar.

Sesuai himbauan pemerintah, masih menurut penuturan Lurah Utomo, Protap Covid-19 Solo, dilakukannya sesuai prosedur. Bahkan ruang parkir yang ada di depan Kantor Kalurahan, semaksimalnya ditata rapi, sepeda dan sepeda motor penerima BST. Dari mulai pengecekan suhu tubuh, cuci tangan, masker, jaga jarak, sosial distancing dan physical distancing dijalankan. Bagi yang tidak memakai masker, disarankan untuk pulang mengambil masker. " Ini tadi juga ada kunjungan langsung dari utusan Kemensos.
 Melihat pelaksanaan pembagian BST. Insyaallah... Kalurahan Sondakan paling lancar, aman, nyaman dan sesuai Protap Covid-19,"pungkas Lurah Prasetyo Utomo. # Yan 1.

------081325995968-----

Thanks for reading Bisa Jadi Kalurahan Sondakan Terbaik Dalam Membagikan BST | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS