Truck Galian C Picu Kerusakan Jalur Evakuasi Merapi

Juni 14, 2020
Minggu, 14 Juni 2020


Rusak parah jalur evakuasi Merapi disebabkan banyaknya melintas truck Galian C.
-------------------------------------------------
GUGAT86.com. KLATEN.
Kerusakan parah terjadi di jalur evakusi yang ada di lereng Gunung Merapi masuk Kabupaten Klaten, tepatnya di Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang. Pemicunya adalah sering dilintasi truk pasir galian C.

Dari informasi yang didapat, Minggu (14/6/2020), kerusakan jalan terjadi sepanjang 6 kilometer, dari Dusun Kaliwuluh hingga Dusun Deles. Diawali sejak satu tahun belakangan, semenjak ada kegiatan dua penambangan di Desa Sidorejo dan Tegalmulyo.

Akibatnya, banyak warga yang mengendarai sepeda motor maupun mobil mengalami kesulitan saat melintasi dijalan itu. Bahkan beberapa ada yang terperosok hingga terjatuh.  

Pj Sekretaris Desa (Sekdes) Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Sri Widagdo menyampaikan, karena parahnya kondisi jalan, truk galian c yang hendak melintas harus bergantian. 

"Rata-rata armada truk galian C yang melintas sekira 150 truk sampai 200 truk. Mereka melintas selama 24 jam penuh setiap harinya. Ini yang membuat jalan jadi rusak parah," jelasnya,  

Menurutnya, jalan tersebut sebenarnya tidak sesuai dengan kelas kendaraan besar dengan muatan berat. Rata -rata, truk galian C membawa muatan lebih dari 13 kubik sehingga jalan menjadi cepat rusak.

"Kami berharap kepada Pemkab Klaten bisa segera melakukan perbaikan jalan yang rusak ini. Perlu dengan betonisasi seperti ruas jalan lainnya di lereng Merapi. Dengan betonisasi jalan menjadi lancar saat warga melintasinya," harapnya.

Diketahui, ruas jalan yang rusak itu sebenarnya juga menjadi jalur evakuasi utama warga Desa Sidorejo ketika Gunung Merapi erupsi. Jika tak segera ada perbaikan, maka warga terpaksa akan menggunakan jalur alternatif lainnya. 

"Saat ini hanya berupa jalan desa saja yang kondisinya masih baik," ungkapnya.

Ditambahkan Widagdo, sebenarnya sudah ada upaya perbaikan jalan secara swadaya oleh warga dan pemilik armada truk dengan iuran. Tapi jalan yang diperbaiki tidak bertahan lama, sehingga kembali rusak. #.Nag/Yan 1.
----081325995968-----


Thanks for reading Truck Galian C Picu Kerusakan Jalur Evakuasi Merapi | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS