Perlunya Mawas Diri Di Saat Pandemi Covid-19

Juli 22, 2020
Rabu, 22 Juli 2020

Dari pengamatan CCTV tampak lincak atau kursi panjang diangkut dengan sepeda motor. Foto : Taufik.
---------------------------------------------------------------

GUGAT86.com. SUKOHARJO. Sepertinya, tidak ada salahnya sekaligus juga bukannya hendak berlebihan manakala menyikapi keberlangsungan Wabah Virus Corona (Covid-19) yang berkepanjangan ini dengan menepati himbauan pemerintah, protokoler kesehatan. Sesering mungkin cuci tangan cukup dengan sabun dan air mengalir, syukur kalau ada handsanitizer, bermasker setiap keluar rumah serta menjaga jarak, sosial distancing dan physical distancing. 

Pun tidak kalah pentingnya, senantiasa menjaga keamanan diri serta lingkungan. Mengapa demikian? Setidaknya, dalam situasi Pandemi Covid-19 seperti saat ini, tidak ada satupun orang di muka bumi ini tidak terdampak dari Wabah Virus Corona. Penduduk dunia merasakan, tanpa kecuali Indonesia, Surakarta pada khususnya juga sangat terdampak. Apalagi kondisi perekonomian, tak ada satupun yang tidak terdampak. Semuanya merasakan gonjang ganjing nya ekonomi.

Sehingga tidaklah mengherankan lagi, dampak kriminalitas pun mulai marak terjadi. Bukan hanya dikota, desa, kampung pun terimbas. Pencurian terjadi dimana saja. Beragam pula wujud barang curiannya. Tidak peduli, yang pasti bisa menghasilkan uang. Tidak peduli besaran nominalnya. Malahan barang yang sepele, namun bisa laku cepat dijual, prioritas utama
 untuk diembat, di curi.

Bahkan belum lama ini, Selasa (21/7/2020) dinihari menjelang Subuh,
Warga Nolodutan RT 003 RW  022 Makamhaji,   Kartasura, Sukoharjo, dibuat geram. Pasalnya, inventaris markas pos ronda yang berupa lincak, kursi kayu panjang yang masih baru, telah dicuri orang. Dalam kesempatan itu,  Ketua RT  Cahyo, sangat heran, karena malam itu, Ronda yang dilakukan warganya dirasa  sudah sangat  tertib dan disiplin. Kumpulan mulai jam 23.00 WIB sampai 03.00 WIB. " Anehnya, semua peserta ronda malam itu tiada yang absen. Eee....begitu lengah langsung bablas dicolong," ujar Cahi yang mengaku tidak habis pikir.

 Lincak itu, masih menurut penuturan Cahyo, dibelinya baru 2 buah dan belum ada satu bulan untuk fasilitas para peronda warga setempat. Dirinya
sempat merasa penasaran, hanya saja akhirnya melalui CCTV dari mushola An Nur semua  informadi diketemukan. Terjawab meski masih samar. Terlihat jelas dari CCTV itu tampak seseorang pengendara motor membawa lincak . Diperkirakan jam 4.30 WIB pencurian dilakukan. "Yang mengherankan, saat itu warga sudah mulai berdatangan ke masjid untuk solat subuh. Padahal, pos ronda  hanya beberapa meter jaraknya dari masjid. Kok seperti dibuat tak sadar ya?" pungkas Cahyo.# Taufik/ Yan 1.

-------081325995968------


Thanks for reading Perlunya Mawas Diri Di Saat Pandemi Covid-19 | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS