Stress Hilang Dengan Makan Sego Sambel Welud Pak Lek

Agustus 30, 2020
Minggu, 30 Agustus 2020

 


Nasi Sambel Welud (Belut) Pak Lek ini, pedasnya konon diyakini bisa menghilangkan rasa stress yang berkepanjangan. Foto : Achmad.

---------------------------------------------------------------

GUGAT86.com. SURAKARTA. Boleh jadi, nasi sambel welut ini banyak ditemukan di Kota Solo. Hanya saja, nasi sambel welut Pak Lek yang ada di Jalan Dr Rajiman, Langgar Merdeka, Kampung Batik Laweyan, Solo, ini lain dari yang lainnya. Artinya, selain bisa disajikan dengan dua macam adonan sambel welutnya, baik langsung dicarup, dicampur untuk diulek dengan beberapa cabai serta beberapa belut langsung menjadi sambel welut, atau penyajian lainnya. "Sambal disajikan dengan gorengan belut, namun dipisahkan. Tidak langsung campur menjadi sambel welut,"terang Bu Lek Karyanto. Sabtu (29/8/2020).

Bisa langsung sambel welut, bisa juga sajian welut dan sambal dipisahkan. Bukan hanya cukup di situ saja, di samping nasi putih dan sambel welut, disajikan pula penyetan sambel tempe serta goreng terung dan lalapan daun kemangi mentah juga rebusan daun pepaya, tidak ketinggalan potongan ketimun. "Pedas tidaknya sambel welut, tergantung permintaan pembeli. Mau pedas, sumonggo. Cukupan pedasnya, ayo. Kebanyakan pembeli minta tidak begitu pedas," jelas Bu Lek Karyanto, sambil menambahkan warungnya buka pagi jam 09.00-16.00 WIB.

Kalaupun kepedasan, lanjut Bu Lek Karyanto, langsung ada obat pereda nya tersendiri. Seruputan dawet telasih mampu mengusir rasa pedas pada lidah. Hanya saja, sebaiknya tidak perlu meminumnya dengan pecahan es batu. Cendol dawet yang terbuat seperti semacam cincau, mampu mengurangi rasa pedas. Termasuk butiran telasih, bisa menyejukkan rasa pedas di lidah. Apalagi kuah air santannya, langsung mampu menghilangkan rasa pedas cabai. "Seporsi nasi sambel welut dan minuman dawet, harga cukup terjangkau," lagi lagi Bu Lek Karyanto berpromosi.

Disinggung masalah dagangan nasi sambel welut nya yang banyak mengakui sekaligus menyatakan rasa kelezatannya, juga mampu menghilangkan rasa stress yang berkepanjangan, Bu Lek Karyanto berujar," Mungkin karena rasa pedasnya yang mampu mengeluarkan banyak cucuran keringat pada wajah dan rambut kepala yang menjadikan fresh, segar, bugar dan sehat. Insyaallah... stress pun hilang,"tutur Bu Lek Karyanto, tersenyum. # N1NG/Yan 1.

               -----081325995968------


Thanks for reading Stress Hilang Dengan Makan Sego Sambel Welud Pak Lek | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS