JARPETO, Jaringan Petani Organik Berharap Pemerintah Tangani Serius SDM Petani

Oktober 30, 2020
Jumat, 30 Oktober 2020

Setiyarman tengah memberikan pelatihan pengelolaan sampah di Tegalmade, Mojolaban, Sukoharjo. Foto : Taufik.

---------------------------------------------------------------

GUGAT86.com.SUKOHARJO. Mojolaban, Jumat  ( 16-10-20) Usai Sebuah pelatihan pengelolaan sampah organik, Tim penggerak PKK Desa Tegalmade, Mojolaban, Sukoharjo, GUGAT86.com berhasil menemui pelatih Setiyarman. Bagi petani organik, nama Setiyarman sudah tidaklah asing lagi .

Saat itu, Setiyarman mengatakan jika setelah mendapatkan pelatihan pertanian organik dari Organisasi Pangan dan Pertanian FAO  yang dibawah PBB . Berawal dari pelatihan itu, mulailah Setiyarman tergerak untuk menyebarluaskan ilmunya bertani organik kepada masyarakat, khususnya buat para petani Jawa Tengah, khususnya Sukoharjo.  Diwaktu yang sama, mulailah membentuk organisasi usaha bersama. 

Di depan ibu ibu PKK Tegalmade, Sutiyarman beberkan ilmu bertaninya. Foto : Taufik.

---------------------------------------------------------------

Adalah Jaringan Petani Organik ( JARPETO ) dan resmi berdiri tahun 2006.  Kegigihan Setiyarman dalam memperjuangan sekaligus memperdayakan petani untuk pertanian ramah lingkungan membuat FAO memberi penghargaaan sampai kedua kalinya.

Dengan wadah organisasi Jarpeto yang diketuai Setiyarman serta didukung dana para donatur, maka kegiatan pelatihan tentang apa saja yang berhubungan dengan bertani organik akrhirnya bisa direalisasikan oleh Setyarman, baik di Kampus, rumah petani, balai latihan atau di sekretariat Jarpeto. 

Pupuk organik dari JARPETO yang telah siap dipasarkan. Foto : Taufik.
---------------------------------------------------------------

Pelatihan gratis namun segala keperluan media organik bisa didapatkan dari Jarpeto, seperti pupuk organik, aram sekam, obat hama , obat penyakit tanaman maupun obat jamur . Semua kebutuhan bisa diperoleh dengan partai besar maupun kecil.

JARPETO sampai saat ini mempunyai ratusan binaan petani. Potensi yang dikembangkan dari JARPETO beras, buah-buahan organik, pupuk, obat organik, bahkan benih . Dengan adanya JARPETO diharapkan bisa memaksimalkan usaha pemberdayaan petani, khususnya di Sukoharjo, sehingga ada peningkatan pendapatan  serta target berikutnya peningkatan ketrampilan dan kemampuan manajemen diri maupun kelompok dari para petani.


Ayo patuhi apa yang menjadikan himbauan pemerintah akan Protokoler Kesehatan Covid-19. Persembahan Makanku. www.makanku.co.id
--------------------------------------------------------------

Setiyarman atas nama JARPETO sangat berharap kepada Pemerintah agar bisa menangani serius dalam meningkatkan SDM para Petani sehingga Para petani bisa mandiri benih,mandiri pupuk, mandiri obat-obatan, dan ada jaminan pasar hasil produksi pertanian. # Taufik / Yani G1.

             --------081325995968--------

::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::


MakanKu Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini Solusi di saat Pandemi Covid-19. Instagram : @makankureadymeal - YouTube : Makanku ReadyMeal. 0811 6053 553.
::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::





 

Thanks for reading JARPETO, Jaringan Petani Organik Berharap Pemerintah Tangani Serius SDM Petani | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS