Kemenko Kunjungi UNS Saat Diminta Presiden Mencari Obat Herbal Covid-19

Oktober 11, 2020
Minggu, 11 Oktober 2020


 Ditugasi Jokowi Cari Obat Herbal Covid-19, Kemenko PMK-BPOM Kunjungi UNS. Foto : Istimewa.
---------------------------------------------------------------
GUGAT86.com. SURAKARTA.
Rombongan Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) RI bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengunjungi Laboratorium Herbal Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jumat (9/10/2020).

Kunjungan ini digelar lantaran Kemenko-PMK-BPOM mendapat mandat langsung dari Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo untuk mencari formula obat herbal untuk penyembuhan Covid-19 di Indonesia.

Hal ini dibenarkan langsung oleh Staf Khusus Menko PMK bidang Organisasi dan Tata Kelola, Prof. Ravik Karsidi. Di sela-sela kunjungannya ke UNS, Prof. Ravik mengatakan obat herbal dicari sebagai alternatif yang dapat dipilih selain obat yang sudah ada.

“Menko PMK dengan Kepala BPOM ditugasi presiden untuk menemukan obat mengatasi Covid-19. Salah satu alternatifnya supaya bagaimana ditemukan obat selain  obat umum yang sekarang ada terutama yang herbal,” terang Prof. Ravik.

Dalam kesempatan ini, Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho menyambut langsung kedatangan Kepala BPOM, Penny Kusumastuti Lukito beserta rombongan dan jajaran eselon I Kemenko PMK.

Saat memasuki Laboratorium Herbal UNS, rombongan Kemenko PMK-BPOM langsung meninjau sejumlah produk herbal milik UNS, seperti wedang longkrah godog, susi tea wedang longkrah, susisehati sirsak dan kulit manggis dan anocurcuma.

Sembari memperhatikan penjelasan dari Dekan Fakultas Kedokteran (FK) UNS, Prof. Reviono, Kepala BPOM, Penny Kusumastuti Lukito menanyakan masing-masing produk herbal UNS, baik meliputi manfaat obat, hasil uji klinis, hasil penelitian, dan protokol sertifikasi.

Penny Kusumastuti mengatakan, posisi UNS dalam pengembangan obat herbal sangat strategis. Hal tersebut dikarenakan posisi UNS dekat dengan Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT) Tawangmangu dan industri jamu di Kabupaten Sukoharjo.

“Di sini kunjungan kami ke UNS sudah riset ke laboratorium dan di sini adalah tempat riset dilakukan untuk pengembangan herbal jadi ada kerja sama antara dunia akademis dengan tempat riset,” ujar Penny Kusumastuti.

Selain itu, Penny Kusumastuti juga memandang UNS sebagai paket komplit karena memiliki peminatan Agrofarmaka pada Program Studi (Prodi) D3 Agribisnis Sekolah Vokasi (SV). Ia mengatakan keberadaan D3 Agribisnis Agrofarmaka dapat menunjang pengembangan obat herbal dari segi riset dan sumber daya manusia.

“Potensi perguruan tinggi sangat besar. Saya melihat UNS posisinya tepat dan di sinilah tempat riset lalu inkubator serta skala laboratoriumnya lebih besar, bisa link ke dunia usaha," pungkasnya. # D34/Yan G1.
               ---------081325995968--------
::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::

MakanKu Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini Solusi di saat Pandemi Covid-19. Bisa dibeli di Jalan Slamet Riyadi No 300 Taman Sriwedari, Solo. www.makanku.co.id
::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::



Thanks for reading Kemenko Kunjungi UNS Saat Diminta Presiden Mencari Obat Herbal Covid-19 | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS