Warung Makan Pak Solet Buka Dari Jaman Pemberontak PKI Laris Manis Di Saat Pandemi

November 13, 2020
Jumat, 13 November 2020

 


 Tidak pernah sepi pembeli dari mulai digelar warung makannya pukul 09.00 - 18.00 WIB. Foto : N1N9.

---------------------------------------------------------------

GUGAT86.com. SUKOHARJO. Sepertinya tepat sekali jika disebut Warung Makan bukan rumah makan. Pasalnya, selain lokasinya Warung Solet ini bisa dikatakan kurang strategis, pun ruangannya tidak seberapa besar. Ada empat meja yang bisa dipakai penjaja lezatnya masakan Warung Solet, sekitaran 24 kursi. Beberapa kursi plastik dan dingklik, kursi panjang terbuat dari kayu jati. 

Hanya saja, warung makan laiknya sebuah ruangan garasi mobil itu, mampu menyihir pembeli untuk berlama-lama duduk sambil menikmati lezatnya masakan Warung Makan Solet. Meski murah dan cukup terjangkau harganya, bukan berarti murahan. Bahkan, masakan yang selalu fresh, segar dan panas itu, tidak kalah dengan menu masakan hotel berbintang. Sehingga tidaklah mengherankan lagi, jika banyak pembeli disamping makan di tempat juga membungkus untuk dibawa pulang.

Ada Capjay Telur, Bakmi Goreng, Bakmi Godog, keduanya Bakmi Jowo yang memiliki rasa khas dan tradisi. Nasi Goreng, kesemuanya harganya cukup murah hanya Rp 12.000,-. Untuk Cap Jay Istimewa juga Paklay dipatok harga Rp 14.00,- Sedangkan Nasi SOP dan Tahu Acar, sedikit lebih murah, Rp 11.000,- dan Rp 8.000,- Boleh jadi, untuk minuman tidak berbeda dengan warung makan umumnya. Teh-Es Teh. Jeruk- Es Jeruk. Ada menu lain yang tak kalah istimewa, Semur Ayam kampung.

SOP Ayam dengan irisan Ampela ati, kepala atau sayap ayam kampung menambah sensasi rasa asli Solo, Jowo. Foto : N1N9.
---------------------------------------------------------------
Warung Makan Pak Solet yang ada di Kampung Sanggrahan, Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo ini, bisa jadi wajar wajar saja jika banyak dikenal luas di seantero Soloraya. Solo, Sukoharjo, Wonogiri, Karanganyar, Sragen, Boyolali dan Klaten. Bahkan Pacitan dan Jogjakarta, lantaran sejarah berdirinya yang sudah puluhan tahun. Lebih dari 50 tahun. "Baru sekitar tahun 1982 warung pindah kesini. Dulunya di pinggir jalan raya Makamhaji, Pajang-Gentan saat geger G30S/PKI tahun 1965 an. Persis di Papringan, dibawah pohon Bambu," terang Ny Suranto Wiratno.

Sambil sesekali memasak apa yang dipesan Pembeli, Ny Suranto menerangkan jika sekarang ini tinggal menuai hasilnya. Puluhan tahun lalu, saat ramainya Gerakan Satu Oktober ( Gestok) pemberontakan PKI, ayahnyalah mertua, Wiryo Darsono yang membuka lahan Warung Makan Solet dengan khas Bakmi Godog-Goreng Jowo. "Alhamdulillah...warisan kuliner dari mertua inilah yang membawa rejeki setiap hari bagi keluarga. Apalagi di saat Pandemi Covid-19 ini, malah laris manis membawa berkah," papar Ny Suranto tersenyum.

Boleh jadi, sah dan wajar saja jika keberadaan Warung Makan Solet ini meski di dalam kampung, namun tidak pernah sepi pembeli. Bahkan di saat Pandemi Covid-19, kembali pembeli dari luar Kota Solo berbondong-bondong menikmati lezatnya masakan Warung Solet yang tempo hari kudu tutup sementara lantaran dampak wabah Virus Corona Covid-19 di seluruh dunia tanpa terkecuali Indonesia, Soloraya khususnya. "Alhamdulillah... Warung Makan Solet tetap laris di saat Pandemi. Selain murah bukan berarti murahan, merintisnya pun sudah lebih dari 50 tahun," tutur Bu Suranto sambil menebar senyum ramahnya.

MakanKu Makanan Sehat Siap Saji Masa Kini Solusi di saat Pandemi Covid-19. www.makanku.co.id. 0811 6053 553
---------------------------------------------------------------
Sesuai apa yang menjadikan himbauan pemerintah akan Protokoler Kesehatan Covid-19, Warung Makan Solet pun menerapkannya. Dari penyediaan sarana untuk cuci tangan dengan sabun atau handsanitizer, mengenakan masker hingga sosial distancing dan physical distancing, menjaga jarak tempat duduk dijalani. " Makanan langsung fresh dimasak dan panas juga higienis. Sehat dan menyehatkan. Utamanya semua bahan halal dan baru dari pasar," pungkas Ny Suranto.

Penasaran? Silakan datang saja sambil membuktikan dahsyatnya masakan khas Jawa Warung Makan Solet. Lokasi cukup mudah diparani. Tugu lilin Pajang ke Selatan 1 km, ketemu Kantor Pos yang ada di sebelah barat atau kanan jalan. Ke Selatan 25 meter, sebelum ke kanan masuk gang, sudah ada tulisannya dengan papan tulis, Warung Makan Solet Buka. # N1NG / Yani G1.
               --------081325995968-------

Thanks for reading Warung Makan Pak Solet Buka Dari Jaman Pemberontak PKI Laris Manis Di Saat Pandemi | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

TERKAIT

Show comments

HOT NEWS